Ketua DPD LDII Kebumen H Gunardi ikut menyaksikan pemotongan kurban Iduladha di Kecamatan Karanganyar, Senin (17/6).(Foto:SB/Humas LDII Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Kebumen sukses memotong 127 ekor sapi dan 93 ekor kambing pada perayaan Iduladha 2024.

Iduladha tahun ini jatuh pada Senin (17/6) atau 10 Dzulhijah 1445 H. Acara ini menjadi momen penting bagi seluruh warga LDII di Kabupaten Kebumen yang turut serta dalam Salat Sunah Iduladha dan pemotongan hewan kurban.

Menurut penjelasan Ketua DPD LDII Kebumen Ipda (Purn) H Gunardi  Senin (17/6), setelah melaksanakan Salat Iduladha, panitia memulai proses pemotongan hewan kurban. Sebelum dipotong, semua hewan kurban diperiksa oleh tim dokter dari Dinas Peternakan untuk memastikan bebas dari penyakit mulut dan kaki (PMK).

Pada tahun ini hewan kurban yang diserahkan  DPD LDII Kabupaten Kebumen memotong ratusam ekor  sapi dan kambing. Hewan-hewan ini dikelola oleh panitia khusus yang dibentuk untuk memastikan proses berjalan lancar dan tertib.

Daging kurban dari jamaah LDII Kabupaten Kebumen, Senin 17/6.(Foto:SB/Humas LDII Kbm)

Pemotongan hewan kurban juga dilaksanakan di berbagai Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang tersebar di seluruh Kabupaten Kebumen.

Ketua DPD LDII Kabupaten Kebumen Gunardi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud nyata dari upaya LDII dalam mempererat silaturahmi dan meningkatkan kepedulian sosial di tengah masyarakat.

“Pemotongan hewan kurban ini bukan hanya ibadah, tetapi juga sarana untuk berbagi dan memperkuat rasa kebersamaan di antara warga,”ujarnya.

Kesadaran Meningkat

Gunardi juga mengapresiasa kepada seluruh warga LDII di Kabupaten Kebumen yang setiap tahun menunjukkan peningkatan kesadaran dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban.

“Kurban ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa , tetapi juga oleh generasi muda LDII yang masih usia dini hingga dewasa. Mereka ikut serta berkurban dengan cara menyisihkan uang sakunya untuk ditabung demi mewujudkan hewan kurban,” tambahnya.

Daging kurban yang telah dipotong kemudian didistribusikan di sekitar lingkungan musala dan masjid di PAC LDII masing-masing. Para panitia kurban juga bekerja sama dengan beberapa lembaga sosial untuk menjangkau lebih banyak penerima manfaat.

Salah seorang warga penerima daging kurban, Ny Astuti di Desa Wero RT 001 RW 001, Gombong, merasa bersyukur menerima daging kurban.”Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas daging kurban yang saya terima. Ini sangat membantu keluarga kami,”ucap Ny Astuti.

Ada yang unik dalam Idul kurban tahun ini, khususnya  para alumnus TPQ Al Hamka, Sembirkadipaten, Prembun, mulai bulan Syawal telah menyisihkan uang jajan, sehingga bisa memotong hewan kurban sebanyak 2 ekor sapi dan 11 ekor kambing.

Ketua PC LDII Prembun mengundang ahli boga Triana Endahyanti SPd  untuk sekaligus melatih membuat masakan berbasis daging , misal membuat sop kaki.

“Sekali mendayung dua tiga pulau terlampui. BerIbadah kurban sekaligus belajar memasak ,”papar Sigit Sumantri SAP, ketua PC LDII Prembun.

Gunardi menambahkan,pelaksanaan pemotongan hewan kurban oleh LDII Kabupaten Kebumen diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, LDII Kebumen terus berupaya memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Komper Wardopo