Wabup Wonosobo M Albar ketika menanam pohon Saman di Sikatok Sigedang Kejajar, Kamis (13/6/2024).

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, PT Perkebunan Tambi Wonosobo menggandeng sejumlah lembaga untuk melaksanakan penanaman pohon teh dan pohon saman yang di kebun teh Sikatok, Sigedang Kejajar Wonosobo.

Penanaman dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati M Albar didampingi Direktur Utama PT Perkebunan Tambi Suwito. Hadir Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Junaedi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Endang Lisdyaningsih, Forkompimcam Kejajar, PT Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Dirut PT Perkebunan Tambi Suwito menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya penanaman semata, namun dalam 5 sampai 6 tahun kedepan hal ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan rencananya akan diadakan acara untuk memanen perdana tanaman teh tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak, mudah mudahan apa yang kita kerjakan hari ini bermanfaat untuk anak cucu kita dan bermanfaat untuk masyarakat kabupaten Wonosobo,” ucap Dirut Suwito, Kamis (13/6/2024).

Alam Lestari

Wabup Wonosobo M Albar dan rombongan saat menuju lokasi penanaman pohon di Sikatok Sigedang Kejajar, Kamis (13/6/2024).

Sementara itu, Wakil Bupati M Albar menjelaskan bahwa kondisi alam Wonosobo sudah tidak berbeda dengan kondisi daerah lain terkait cuaca kadang ekstrem dan lingkungan yang rusak.

Pihaknya berharap melalui penanaman pohon teh, akan memicu semua pihak untuk membiasakan budaya menanam di lingkungan masing-masing. Perlu dibangun kolaborasi dan sinergi seluruh pihak, demi membangun alam Wonosobo asri dan lestari.

Gus Albar-demikian dia kerap disapa-mengaku sangat bahagia karena akan menanam pohon yang akan dinikmati bersama hasilnya 5 tahun mendatang. Penanaman pohon teh juga sebagai upaya peremajaan.

“Kami berharap alam Wonosobo menjadi kebanggaan yang tanpa batas. Karena kondisinya yang lestari dan asri. Dengan merawat alam insya Allah kita akan mendapat keberkahan dari Allah SWT,” harap Albar.

Muharno Zarka