Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih menyerahkan kupon bulan dana PMI 2024 keapda Ketua PMI Sabar Irianto, Senin 10/6.(Foto:SB/Humas PMI)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto secara resmi meluncurkan penggalangan Bulan Dana PMI Tahun 2024.

Peluncuran (launching) dilakukan di Pendopo Kabumian Senin (10/6) malam. Aksi penggalangan Bulan Dana PMI Kabupaten Kebumen itu ditandai dengan penyerahan kupon dari Bupati Kebumen Selaku Ketua Panitia Bulan Dana 2024 kepada Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto.

Turut hadir Wakil Bupati Hj Ristawati Purwaningsih, Forkopimda, Kapala OPD terkait, camat se-kabupaten Kebumen, Pengurus PMI kecamatan, pimpinan  perbankan, pimpinan RS se-Kabupaten Kebumen, dan sejumlah penerima manfaat layanan PMI Kebumen

Bupati Kebumen selaku Ketua Panitia Bulan Dana mengajak seluruh masyarakat di daerahnya  berdonasi melalui PMI. Ini dilakukan untuk kegiatan sosial kemanusiaan, seperti penanggulanagan bencana alam, bantuan sosial dan akstivitas kemanusiaan lainnya.

“Target tahun ini Rp 2 M, karena memang kebutuhannya meningkat.Saya doakan kepada Jajaran Bapak Sabar Irianto dapat mencapai target dan kita semua wajib mendukung, menyosialisasikan kepada masyarakat akan kebutuhan yang harus dipenuhi dari PMI,”ujar Arif Sugiyanto.

Pengurus PMI Kebumen hadir pada peluncuran bulan dana PMI Kebumen Senin 10/6.(Foto:SB/Humas PMI)

Menurut Bupati, sekali pun uang itu seribu rupiah kalau kita serempak kompak semuanya tidak ada keberatan untuk operasional kemanusiaan di PMI. Tidak lebih mahal dari  rokok satu bungkus dengan harga Rp 25 ribu, kali ini pensiun dari rokok dua puluh lima ribunya semua ditaruh di PMI, Insya allah lebih dari Rp 2 M,” tutur dia.

Pada kesempatan itu Bupati dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kebumen mengucapkan terima kasih atas kinerja PMI Kebumen yang berkiprah untuk kemanusiaan dan  kemajuan SDM dalam rangka kemanusaiaan dan pelayanan kemanusiaan semakin maju, hebat dan kreatif.

Bupati pun menekankan, kiprah bidang kemanusiaan tidak akan berhenti bagi PMI. Semoga Allah SWT membalas kebaikan demi kebaikan yang telah ditorehkan oleh insan-insan kemanusiaan PMI Kabupaten Kebumen.

Sasaran Bertambah

“Dengan mengucap Bismillahirahman nirrahim pada hari ini Senin 10 Juni 2024 sekitar Pukul 19.50 WIB bulan dana PMI Kebumen dengan target Rp 2 M saya nyatakan di-launching. Mari kita gandengkan tangan bersatu padu untuk memenuhi target, “ tambahnya

Seperti diketahui, di tahun 2023 lalu target Bulan Dana PMI Kebumen hasilnya mencapai Rp 1,6 M. Tahun ini targetnya masih sama yaitu diangka Rp 2 M dan diharapkan perolehannya juga melebihi target.

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto menjelaskan pelaksanaan Bulan Dana PMI dilakukan selama tiga bulan, mulai 1 Juni – 31 Agustus 2024 . Namun dapat diperpanjang hingga 31 September 2024.

Pihaknya optimistis perolehan Bulan Dana PMI 2024 dapat melampaui target Rp 2 M. Mengingat adanya jumlah pegawai pemerintah dengan peranjajian kerja (PPPK) dan PPK di Kabupaten Kebumen cukup banyak dan akan menyasar disektor pariwisata serta para pengusaha muda.

“Bulan Dana PMI Kebumen yang akan dilaksanakan pada tahun ini selama tiga bulan yang sudah resmi dilaunching Bupati pada hari Senin 10 Juni 2024 kita akan mulai tanggal 1 Juni – 31 Agustus 2024,’’terang Sabar.

Ketua PMI itu menambahkan, waktu diperpanjang hingga 31 September 2024. Waktu tiga bulan ini akan manfaatkan semaksimal mungkin untuk Bulan Dana PMI Kebumen tahun 2024/

Sabar mengakui,dibandingkan tahun lalu panitia harus lebih gencar menggalang donasi kemunusiaan. Mengingat adanya PPPK, PPK di Kabupaten Kebumen dalam jumlah yang cukup besar dan akan menyasar dikalangan pengusaha muda dan sektor pariwisata. Baik tempat wisata yang dikelola Pemkab maupun Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Komper Wardopo