Lomba senam di ajang Forkot Semarang, digelar di Balai Kota Semarang, sekaligus sebagai seleksi menghadapi Festival Olahraga Masyarakat Daerah Jateng, pada Juli mendatang. Foto: spr

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Semarang, bertekad menjadi yang terbaik, pada Festival Olahraga Masyarakat Daerah Jawa Tengah, yang dijadwalkan digelar di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, pada 4-6 Juli 2024.

Demikian disampaikan Ketua Kormi Kota Semarang, Lelly Purwandari, dalam keterangannya di Semarang, Selasa (11/6/2024). Dia berharap, Kormi Kota Semarang tidak kalah dari kota atau kabupaten lain di ajang itu.

”Kami harap Kormi Kota Semarang mampu mendominasi seluruh kegiatan yang dilombakan. Untuk itu, saya minta berlatih dengan serius dan sungguh sungguh, baik untuk jenis seni maupun olahraga tradisional,” ujar Lelly.

BACA JUGA: FTIK USM Persiapkan UAS Berbasis Timeline Kerja

Menurutnya, Kormi merupakan induk organisasi olahraga masyarakat yang terbagi dalam beberapa komisi. Seperti Komisi Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya, Komisi Olahraga Kesehatan dan Kebugaran, serta Komisi Olahraga dan Tantangan.

”Sehingga Kormi memiliki peran dalam pengembangan dan pembinaan olahraga menuju masyarakat yang kuat, sehat, bugar dan bermartabat,” imbuhnya.

Jelang keikutsertaannya itu, Kormi Kota Semarang telah melakukan seleksi calon peserta, melalui ajang Festival olahraga Masyarakat Kota (Forkot) Semarang, yang dilaksanakan di Balaikota Semarang, Minggu (9/6/2024) lalu.

BACA JUGA: BKBH FH USM Beri Penyuluhan Hukum pada Masyarakat Adat Suku Kalang

Ketua Panitia Forkot Semarang 2024, Agus Supriyanto mengatakan, Forkot digelar sebagai ajang seleksi untuk mencari peserta yang terbaik, dari lomba jenis seni maupun olahraga tradisional. Atas dasar itu, pihaknya melakukan seleksi secara cermat dan bersungguh sungguh.

”Kami terus berusaha mencari peserta yang mumpuni, agar nanti bisa menjadi wakil Kota Semarang, pada Festival Olahraga Masyarakat Daerah Jateng, yang diselenggarakan bulan depan,” tegas Agus.

Setelah ajang Forkot Semarang 2024, selanjutnya Inorga Senam Tera Indonesia Jawa Tengah, mengadakan Pelatihan Derap Tera IV Nusantara, di Temanggung. Pembina Senam Tera Jateng, Denty Eka Widi Pratiwi, ketika membuka pelatihan mengaku merasa bangga dengan daerah binaannya.

BACA JUGA: Ini Daftar Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Cagar Budaya Jepara

”Perkembangan senam ini sangat menggembirakan. Terbukti, minat warga masyarakat Jateng sangat besar dalam mengikuti senam tera, sebagai upaya menciptakan badan sehat dan jiwa yang bugar,” jelasnya.

Pelatihan Derap Tera IV Nusantara di Temanggung itu, menghadirkan tiga pelatih dari STI Pusat, dan diikuti puluhan atlet senam tera dari berbagai daerah di Provinsi Jateng.

Untuk program mendatang, STI Jateng akan mengadakan pelatihan sejenis di empat Kabupaten/Kota di Jateng, Semarang, Solo, Pati dan Pekalongan.

Sigit PR