Peserta kegiatan Fun and Happy City Tour Disporapar (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)


MAGELANG (SUARABARU.ID) –
Sejumlah Ketua RW dan warga bergembira mengikuti “Fun and Happy City Tour” yang diadakan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang, Minggu (9/6).

Mereka mengunjungi Kampung Jambon Gesikan yang dinobatkan sebagai Program Kampung Iklim (Proklim). Peserta menyaksikan dan belajar langsung pengelolaan kampung berwawasan iklim dan lingkungan hidup.

Tour dilanjutkan berwisata ke Taman Kyai Langgeng (TKL) Ecopark. Peserta diajak berkeliling taman berbasis pelestarian alam, edukatif dan gembira. Di sana peserta juga mengikuti permainan-permainan (fun games) yang mengasah jiwa kepemimpinan dan kekompakan.

Kepala Disporapar Kota Magelang, Sarwo Imam Santosa menjelaskan, para peserta adalah para Ketua RW dan beberapa warga yang aktif di lingkungan masing-masing.

Destinasi Kampung Jambon Gesikan, Kelurahan Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah dipilih karena, kampung ini adalah salah satu Kampung Proklim di Kota Magelang yang sudah menjadi destinasi wisata. Kampung tersebut baru meraih prestasi Juara Harapan 3 Lomba Proklim Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

‘’Ketua RW dan tokoh-tokoh masyarakat diajak kegiatan ini harapannya untuk memancing pemikiran mereka, jadi terinspirasi, bagaimana bisa menata kampungnya. Peserta dibuat senang,’’ kata Imam disela-sela kegiatan.

‘’Warga yang aktif juga ikut serta. Mereka biasanya pandai bercerita. Jadi diharapkan mereka bisa menularkan ke lingkungannya sendiri bagaimana menata kampungnya jadi destinasi wisata, agar semua RW di Kota Magelang jadi menarik,’’ harapnya.

Wakil Wali Kota Magelang, KH M Mansyur mengapresiasi Disporapar dan semua pihak yang terlibat, sehingga acara Fun and Happy City Tour ini bisa berjalan baik.

‘’Semoga acara ini bisa membuat kegembiraan semuanya. Peserta keliling lalu mengambil nilai-nilainya langsung. Harapannya bisa meniru, memodifikasi, untuk diterapkan di lingkungan masing-masing,’’ ujar Pengasuh Ponpes Sirojul Huda, Wates, Magelang.

Pihaknya ingin seluruh elemen masyarakat bersama dan bersemangat membangun Kota Magelang. Menurutnya, pembangunan tidak akan berhasil tanpa kerjasama antara Pemkot Magelang dengan masyarakat. (prokompimkotamgl)