Petugas Pemadam saat berusaha memadamkan api yang melalap Pasar Babe Kudus. foto: Ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pasar barang bekas yang terletak jalan Kudus-Purwodadi turut Desa Jatiwetan, Kecamatan Jati, Kudus, Rabu (5/6) dini hari tadi terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut meski kerugian ditaksir mencapai ratusan bahkan miliaran rupiah.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Kudus Munaji saat dikonfirmasi mengatakan kebakaran Pasar Babe tersebut terjadi sekitar pukul 00.30 WIB. Sejumlah saksi terdiri dari penjaga pasar serta warga sekaligus pedagang di sekitar pasar mengetahui api sudah mulai melalap sejumlah bangunan pasar.

“Jadi beberapa saksi yang mengetahui kejadian tersebut sudah menemui api dalam keadaan berkobar dan sulit untuk dikendalikan,”katanya.

Api diketahui bermula dari kios bagian tengah. Dugaan sementara, api dipicu konsleting listrik di salah satu kios yang ada.

Mengetahui adanya kebakaran tersebut, petugas Damkar langsung diterjunkan ke lokasi kejadian. Dibantu warga,  langsung melakukan upaya pemadaman. Setidaknya 7 unit mobil Damkar dari BPBD, Satpol PP, PT Pura dan PT Djarum ikut berjuang berjibaku memadamkan api.

Selain itu, upaya pemadaman juga dibantu para relawan BPBD, Polsek dan Koramil Jati, serta warga setempat.

Setelah lebih dari tiga jam melakukan pemadaman, akhirnya api sudah bisa dikendalikan. Hingga pagi ini, petugas masih berupaya melakukan pendinginan.

Akibat kebakaran tersebut, setidaknya ada 250 kios di pasar tersebut yang ludes terbakar. Kerugian saat ini masih dalam penaksiran, namun diperkirakan bisa mencapai ratusan hingga miliaran rupiah.

Ali Bustomi