Tim PkM USM bersama para pelaku UMKM di Kelurahan Sendangmulyo, Semarang, melakukan foto bersama usai pelatihan. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Semarang (USM), baru-baru ini memberikan pendampingan pembuatan foto produk, sebagai strategi promosi untuk meningkatkan brand dari produk UMKM, di Kelurahan Sendangmulyo, Semarang.

Tim PkM USM terdiri dari Ketua Yoma Bagus Pamungkas MIKom, anggota Fajriannoor Fanani SSos MIKom, dan Dr Yuliyanto Budi Setiawan SSos MSi. Dalam kegiatan yang didanai USM itu, tim ini dibantu dua mahasiswa, Richiana Hapsari dan Yurfina Martha Kusuma.

Dalam keterangannya Yoma mengatakan, Kelurahan Sendangmulyo memiliki potensi besar untuk mengembangkan UMKM. Namun masih banyak pelaku UMKM yang belum memiliki foto produk yang memadai.

BACA JUGA: Kabupaten Kudus Raih Penghargaan Digital Government dengan Nilai SPBE Tertinggi

”Foto produk memiliki peran yang sangat penting, sebagai penunjang dalam dunia digital marketing. Karena dengan menampilkan gambar produk yang bagus, pemasar akan lebih mudah menarik perhatian target konsumen mereka,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Paguyuban UMKM Kelurahan Sendangmulyo, Heri Poerjanto Noegroho. Disebutkan dia, pihaknya memberikan apresiasi atas pendampingan ini. ”Kegiatan ini sangat membantu pelaku UMKM, untuk meningkatkan promosi dan penjualannya,” ujar dia.

Kegiatan yang dilaksanakan di Warmindo Kongkow, Tembalang, Semarang ini, dimulai dengan pemaparan singkat mengenai pentingnya foto produk dalam digital marketing. Selanjutnya, bersama para peserta UMKM langsung terjun ke proses pembuatan foto produk.

BACA JUGA: Juragan Bus Bejeu M Iqbal Tosin Ingin Kembalikan Brand Kota Ukir Bila Terpilih jadi Bupati Jepara

Salah satu pemateri saat menyampaikan pemaparannya kepada para pelaku UMKM Sendangmulyo. Foto: dok/usm

Tim PkM juga menjelaskan secara rinci, mulai dari memilih properti dan alas foto yang cocok, menata produk dan properti pendukung, pengaturan lighting, hingga menentukan angle yang umumnya digunakan untuk foto produk.

Menurut Yoma, output dari kegiatan pengabdian ini adalah, pendampingan secara nyata pada para pelaku UMKM Sendangmulyo, dalam membuat foto produk yang menarik dan berkualitas.

Dia berharap, dengan adanya foto produk yang baik, promosi produk UMKM di Sendangmulyo dapat lebih efektif, dan mampu meningkatkan penjualan.

BACA JUGA: Pemilihan Duta Bahasa Jateng 2024, Gemilang Dani Saputra dan Olivia Firdaus Dinobatkan sebagai Juara

Salah satu peserta, Deni Iskandar, pemilik Baso Cuanki Raos menyampaikan, pihaknya sangat membutuhkan adanya pelatihan atau pendampingan, terkait digital marketing. Hal ini supaya dapat lebih termotivasi untuk mengembangkan usaha.

”Dengan kegiatan ini, saya berharap para pelaku UMKM di Kelurahan Sendangmulyo dapat lebih siap bersaing di pasar digital, dan meningkatkan penjualan melalui strategi promosi yang lebih efektif,” tuturnya.

Ditambahkan dia, kegiatan ini merupakan bentuk nyata kepedulian USM pada pengembangan UMKM lokal. Dia berharap, usai kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan, bagi para pelaku UMKM di Kelurahan Sendangmulyo.

Riyan