Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah terima penghargaan dari Pj. Bupati Jepara. Foto: Dok/Humas

JEPARA (SUARABARU.ID) – Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT) menerima penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Jepara pada Sabtu (25/5/2024).

Penyerahan piagam penghargaan yang ditandatangani Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta itu dilaksanakan di Alun-Alun 1, Jalan Kartini, Jepara. Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan tersebut karena dukungan, kerja sama, dan kontibusinya dalam melestarikan bahasa daerah melalui program Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) yang salah satu tahapannya ialah Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI).

Pj. Bupati Jepara yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora), Ali Hidayat, S.Pd., M.M., mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah yang telah sukses menyelenggarakan program Merdeka Belajar Episode Ke-17: Revitalisasi Bahasa Daerah.

Program tersebut mendorong Pemerintah Kabupaten Jepara melalui Disdikpora dalam pelestarian bahasa daerah.

“Alhamdulillah, dalam Festival Tunas Bahasa Ibu pada tahun 2023 di Kota Semarang, Kabupaten Jepara menjadi juara umum. Pada FTBI tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Jepara, kami siap mendukung,” ujar Ali Hidayat usai penyerahan piagam penghargaan kepada Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah di Alun-Alun 1, Jepara,),” ungkapnya.

Ali Hidayat menjelaskan, pihaknya menyelenggarakan Gelar Karya dan Pentas Seni Pendidikan Tahun 2024 tersebut untuk meningkatkan apresiasi terhadap kinerja guru, peserta didik, tenaga pendidikan, dan manajemen pendidikan di Kabupaten Jepara.

Selain pemberian apresiasi kepada Program Sekolah Penggerak (PSP), Program Guru Penggerak (PGP), Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, dalam acara Gelar Karya dan Pentas Seni Pendidikan itu juga dilakukan peluncuran buku bacaan bermutu, pemutaran film, tahtiman Al-Qur’an, senam aerobik, serta penampilan musik The King’s Band.