Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah terima penghargaan dari Pj. Bupati Jepara. Foto: Dok/Humas

“Guru-guru sekolah dasar telah menyusun dan menerbitkan buku bacaan bermutu sebanyak 667 judul sehingga kami mengapresiasi dengan meluncurkan buku kategori fiksi tersebut dalam acara ini,” jelasnya.

Ali Hidayat menjelaskan bahwa pameran dalam acara tersebut diisi oleh 150 stan yang terdiri atas 70 stan lembaga pendidikan dan 80 stan UMKM. Adapun pentas seni diikuti oleh 72 penampil untuk mengakomodasi produk pendidikan dan P-5 serta memberikan ruang ekspresi bagi talenta peserta didik. Oleh karena itu, sebagian besar penampil dalam pentas seni tersebut adalah para juara lomba seni FLS2N.

“Acara ini merupakan kerja bareng antara Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Jepara bersama dengan Kantor Kementerian Agama Jepara. Oleh karena itu, yang mengisi acara ini adalah lembaga pendidikan yang ada di bawah dua lembaga tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin, M.Hum., menyatakan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Jepara melalu Pj. Bupati Jepara. Gelar Karya dan Pentas Seni Pendidikan Tahun 2024 di Alun-Alun Jepara tersebut merupakan ajang penguatan dan kebersamaan dalam memajukan pendidikan di Kota Ukir itu.

“Kami akan melaksanakan FTBI tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2024 di Kabupaten Jepara. Pada tahun ini akan dilaksanakan dua kegiatan FTBI, yaitu FTBI jenjang SMP, dilanjutkan FTBI jenjang SD, yang akan dihadiri masing-masing perwakilan dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah,” kata Syarifuddin.

Syarifuddin menambahkan, pihaknya menyampaikan terima kasih karena Kabupaten Jepara mengambil momen untuk pelaksanaan FTBI tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Terima kasih atas kerja sama antara Disdikpora Kabupaten Jepara dan Balai Bahasa. Hal ini sangat penting karena menjadi komitmen bersama dalam pelaksanaan pelestarian bahasa daerah di Provinsi Jawa Tengah,” tuturnya..

Ning S