Penulis bersama Direktur SMK Dirjen Vokasi Kemendikbud Ristek, Wardani

Oleh : Indria Mustika

Kami tentu saja bersyukur dan senang, SMKN 2 Jepara lolos kurasi dan menjadi bagian dari 8 SMK di Indonesia yang mendapatkan kesempatan tampil pada even  Dekranas Expo 2024 .

Acara yang berlangsung di Surakarta tanggal 15  – 18 Mei 2024 ini dibuka secara langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Hotel Ilila Hotel Rabu (15/5-2004). Namun pameran digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran, Kota Solo.

Dirjen Vokasi Kemendikbud Kiki Yuliati saat kunjungi stand SMK dan LPK

Menurut saya,  Dekranas Expo 2024 ini adalah momentum daerah untuk mempromosikan kekayaan budaya dalam bentuk karya, baik melalui perusahaan yang ditunjuk maupun lembaga pendidikan yang ada di daerahnya. Walaupun  peserta pameran ini adalah kementerian dan lembaga, Dinas Koperasi dan UMKM, SKPD / OPD, Dekranasda seluruh Indonesia, BUMN / BUMD, UMKM dan perusahaan swasta nasional.

Sebab dalam pameran tersebut ditampilkan produk kerajinan dari  semua provinsi di Indonesia, termasuk sejumlah hasil karya kerajinan  para pelajar SMK di Indonesia.  Ada 8 SMK bidang kriya yang mendapatkan kesempatan dari Dirjen Vokasi Kemendikbud Ristek untuk menampilkan karya  siswanya

Bersama Ibu Sunarto, istri mantan Bupati Jepara saat mengunnjungi stand Dekranasda Jepara

Sekolah vokasi ini adalah SMKN 2 Jepara bawa produk unggulan keramik,  SMK 1 Dlingo mengolah limbah kayu, SMKN 5 Jogjakarta mengusung karya logam,  SMKN 4 Kupang dengan kain tenun,  SMKN 1 Kalasan mengunggulkan karya kulitnya, dan SMKN 5 Mataram dengan batik tulisnya. Juga ada tiga  Lembaga Pendidikan Ketrampilan di Indonesia yang lolos kurasi. Kurasi karya dilakukan dengan para kurator dari BBPPMPV Jogyakarta agar karya yang ditampilkan adalah karya yang terbaik

SMKN 2 Jepara juga mendapatkan kehormatan untuk mengisi workshop membuat keramik yang dilakukan oleh Agus Salim dan Muhammad Dafin Dava. Workshop ini mendapatkan atensi luas dari pengunjung

Menurut  Dirjen Vokasi Kemendikbud Kiki Yuliati melalui pameran ini diharapkan para pelajar SMK di Indonesia benar-benar mampu mengembangkan ketrampilan yang diperoleh selama pendidikan. “Sebab  20 tahun lagi Indonesia ada di tangan kalian,”  ujarnya saat mengunjungi stand pendidikan vokasi, termasuk Craft & Craft Galery SMKN 2 Jepara.

Penulis bersama Ibu Sunarto, istri mantan Bupati Jepara, Sunarto

Saat ini menurut Kiki Yuliati melalui pendidikan vokasi sedang dipersiapkan secara sungguh-sungguh anak-anak muda kreatif dan berdaya saing yang siap bekerja untuk menjadi sumberdaya bangsa pada masa depan.  “Dari pameran ini membuktikan bahwa karya mereka layak untuk dipasarkan dan mampu membuka lapangan usaha,” pungkasnya.

Sementara  Suharti Sesjen Kemendikbudristek berharap semakin banyak anak anak yang berkiprah di bidang vokasi untuk memenuhi keperluan tenaga terampil  yang memiliki karakter vokasi di Indonesia

Agus Salim saat menyampakikan materi praktek pembuatan keramik

Harapan senada juga disampaikan oleh Direktur SMK  Kemendikbud Ristek, Wardani. “SMK saat ini sedang berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mempesiapkan anak-anak muda yang trampil dan kreatif yang mampu melihat dan memanfaatkan peluang yang ada dengan menciptakan karya-karya baru untuk memenuhi permintaan pasar,” ujarnya.

Menurut saya, Dekranas Expo 2024 ini dapat menjadi sarana pusat pertukaran dan penyebaran informasi yang lengkap tentang pengembangan UMKM di Indonesia melalui forum dan workshop yang diselenggarakan. Ini sesuatu yang sangat penting. Sebab kedepan kolaborasi akan menjadi bagian yang strategis dalam penggembangan SMK.

Agus Salim saat menjelaskan materi pembuatan keramik

Apalagi kegiatan Dekranas Expo ini juga bertujuan untuk membangun Brand Awareness dan Image Building untuk penyelenggara, pendukung, dan peserta acara. Pengenalan merk pada pembeli dan penciptaan citra positif perusahaan serta produk ini sangat penting.

Juga untuk mempromosikan kerajinan Indonesia agar dapat mengembangkan usahanya  serta membangun sinergi antar pemangku kepentingan untuk mengembangkan Kerajinan Nasional di tiap daerah di Indonesia

Hal lain yang ingin dicapai dalam Dekranas Expo 2024 adalah  menarik para investor dari dalam maupun luar negeri untuk berinvestasi  serta memberikan hiburan kepada masyarakat sekitar dan berdampak pada peningkatan ekonomi baik sektor ekonomi mikro dan makro. Serta sebagai ajang promosi kesenian daerah.

SMKN 2 Jepara terpilih untuk mengikuti pameran dalam rangka HUT ke 44 Dekranas di Surakarta bersama delapan 8 SMK bidang Kriya se Indonesia dan didaulat mewakili bidang keramik.

Menurut penulis jika saja semua Kabupaten / Kota di Indonesiaa mampu menggelar pameran sejenis dalam skala daerah yang menampilkan bersama karya-karya kerajinan daerahnya, tentu  akan menjadi peluang bagi pengembangan potensi daerah.

Salah satu caranya membangun kolaborasi antara pemerintah kabupaten, sekolah vokasi, dunia usaha serta BUMN dan BUMD yang ada di daerah. Juga perusahaan-perusahaan besar yang ada di daerah untuk menyisihkan dana CSR nya untuk memberdayakan masyarakat melalui pameran potensi daerah.

Semoga

Penulis adalah Koordinator Usaha Mandiri SMK Negeri 2 Jepara dan pengelola Craft & Craft Gallery SMKN 2 Jepara