Tim PkM FTIK USM, saat memberikan pelatihan tentang pengelolaan Database Firebase di SMK Walisongo, Semarang. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) FTIK Universitas Semarang (USM), berikan pelatihan tentang pengelolaan Database Firebase, dengan menggunakan sensor DHT11 dan NodeMCU (IoT).

Pelatihan itu diberikan pada guru dan siswa yang bergabung dalam Komunitas IoT, di Ruang Laboratorium Komputer SMK Walisonggo, Jalan Ki Mangunsarkoro no 17, Karangkidul, Brumbungan, Kota Semarang, Rabu (15/5/2024).

Kegiatan ini sendiri dibiayai USM melalui LPPM. Tim PkM USM terdiri dari Ketua, Surono SKom MKom, anggota Dr April Firman Daru SKom MKom serta Whisnumurti Adhiwibowo ST MKom.

BACA JUGA: Kepala Dindikpora Rembang: Cek! Armada Bus Tak Layak, Batalkan Saja

Menurut Surono, pelatihan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan sebelumnya yang bertema IoT. Kegiatan ini juga tindak lanjut dari kerja sama SMK Walisongo dengan FTIK USM.

”Pelatihan ini sangat diperlukan, agar guru jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) serta siswa Komunitas IoT SMK Walisongo, mendapatkan tambahan ilmu serta kompetensi dalam IoT,” ujarnya.

Dia menambahkan, metode pelatihan yang digunakan berupa ceramah, diskusi dan tanya jawab. Selain itu, evaluasi kegiatan menggunakan kuisioner berupa pre test dan post test.

BACA JUGA: Penanaman Dua Pohon Kamboja, Simbol Persahabatan UKSW dan Awak Media

Pre test bertujuan untuk mengetahui pengetahuan materi gambaran awal peserta, sebelum diberikan pelatihan,” ungkapnya.

Sedangkan Post test bertujuan, untuk mengetahui pemahaman dan pengetahuan peserta setelah diberikan pelatihan. ”Pada forum diskusi dan tanya jawab, para peserta pelatihan sangat antusias, terkait dengan materi yang disampaikan,” ungkapnya.

Riyan