Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana usai bertemu KONI Jateng di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa 14 Mei 2024. (Foto: Pemprov Jateng)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta seluruh atlet Jateng untuk PON XXI/2024 Aceh-Sumut agar mampu capai tiga besar.

Maka dari itu, dia ingin atlet mempersiapkan diri dengan baik, sehingga mampu meraih prestasi yang ditargetkan di PON Aceh-Sumut 2024.

“Kesiapan mereka saat ini sudah mulai pada sentralisasi pelatda kepada para atlet. Pemusatan latihan sudah dilakukan di beberapa tempat, yaitu Kota Semarang, Salatiga, Surakarta, Kudus, dan Magelang,” kata Nana usai bertemu KONI Jateng di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa 14 Mei 2024.

Berdasarkan babak kualifikasi PON XXI, dicatat akan ada sebanyak 851 atlet dari 61 cabang olahraga (cabor) yang lolos ke PON XXI Aceh-Sumut.

Meski demikian, KONI Jateng memutuskan hanya akan memberangkatkan 758 atlet untuk 60 cabor.

“Ada 60 cabor yang akan diikuti (kontingen Jawa Tengah), dari total 68 cabor yang dipertandingkan di PON Aceh-Sumut,” katanya.

Nana Sudjana berharap target yang harus dicapai Jawa Tengah pada PON XXI Aceh-Sumut ini akan lebih baik dari prestasi dan peringkat.

Seperti diketahui, pada gelaran PON XX Papua lalu, Provinsi Jawa Tengah menempati peringkat 6.

“Targetnya adalah peningkatan prestasi dan peningkatan peringkat. Kita upayakan peringkat 3 atau 4. Harapannya terus kita optimalkan,” katanya.

Untuk itu, motivasi kepada para atlet terus diberikan agar mereka tetap terpacu untuk menorehkan prestasi tertinggi di kancah nasional yang akan membawa nama Jateng.

“PON ini membawa nama baik daerah dan gengsi masing-masing daerah. Kita akan optimalkan. Pelaksanaan pelatihan akan terus kita perhatikan. Kita juga akan terus monitoring dan controling terkait pelatihan tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana mengatakan, target memperbaiki prestasi dan peringkat dari penyelenggaraan sebelumnya sudah dihitung dengan baik.

Potensi tersebut cukup terbuka lebar, karena ada sekitar 11 cabor yang berpotensi meraih medali bagi Jateng dipertandingkan pada PON XXI Aceh-Sumut. Bahkan persiapan untuk menuju PON XXI sudah digelar sejak dua tahun terakhir.

“Target kita perbaiki prestasi dari Papua, itu terukur sekali, karena ada 10-11 cabor yang tidak dipertandingkan di Papua, padahal kita punya potensi, dan sekarang dipertandingkan di Aceh-Sumut,” katanya.

Diaz Aza