Bona Ventura Sulistiana (kedua dari kiri), saat menyerahkan SK Gubernur Jateng, yang diterima Sekum KONI Kota Semarang, Teguh Setyono, di Ruang rapat KONI Jateng, Senin (13/5/2024). Foto: spr

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Bona Ventura Sulistiana, menyerahkan Surat Keputusan (SK) Gubernur, tentang penunjukkan tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII Tahun 2026, di Semarang Raya.

Penyerahan SK dilakukan di Ruang Rapat KONI Jateng, Senin (13/5/2024). Surat keputusan itu masing masing diterima Ketua Umum KONI Kabupaten Semarang Henky Prasetyo Soemitro, Ketua KONI Salatiga Agus Purwanto, Ketua KONI Demak Wulan Rudi Prasetyo, Ketua KONI Kabupaten Kendal Subur Isnadi, dan Sekretaris KONI Kota Semarang Teguh Setyono.

Dalam keterangannya Bona mengatakan, SK Gubernur Jateng yang telah diterima itu, menjadi dasar untuk bergerak, dan harus segera ditindaklanjuti.

BACA JUGA: Bocka FC Juara Turnamen Sepak Bola Joker Bola Cup U-40

Pihaknya yakin, lima kabupaten dan kota di Semarang Raya, akan mampu bergerak cepat dan mampu berkomunikasi secara intens dengan seluruh komponen, demi suksesnya pesta olahraga multi event se-Provinsi Jateng ini.

”Kami merasa lega dengan terbitnya SK Gubernur Jateng, tentang penunjukkan tuan rumah Porprov Jawa Tengah XVII Tahun 2026. Kami juga berharap, KONI kabupaten/kota khususnya di wilayah Semarang Raya, agar bergerak cepat melalui komunikasi dan pertemuan yang kontinyu dengan berbagai pihak terkait,” harap Bona.

Ditegaskan pula, pelaksanaan Porprov XVII/2026 mendatang, perlu diatur tentang pembagian venue atau tempat pertandingan. Karena di Semarang Raya, terdapat jumlah venue yang berbeda, termasuk dengan kelengkapannya.

BACA JUGA: Fajri/Meylisa Juara II USM Open 2024

”Kalau di kota Semarang venue tidak masalah, karena ada Gelora Jatidiri, Gelanggang Olahraga Tri Lomba Juang dan lain lain. Namun di kabupaten lain, seperti misalnya Demak dan Kendal, perlu kita pikirkan pengaturannya,” tutur Bona.

Sementara itu, Waketum II KONI Jateng, Soedjatmiko menambahkan, pihaknya akan segera membuat rancangan peraturan Porprov Jateng XVII/2026, di antaranya melakukan pengurangan beberapa nomor pertandingan.

Semula ada 600 lebih nomor pertandingan yang digelar di Porprov Pati Raya lalu. Dan saat ini akan dikurangi sekitar 500-an nomor pertandingan. Pihaknya juga akan melakukan pembentukkan Technical Delegation (TD).

BACA JUGA: Pilkada Wonogiri, Tidak Diikuti Paslon dari Jalur Perseorangan

Menurut dia, Porprov XVII/2026 mendatang akan dijadikan sebagai persiapan atlet Jateng yang akan diterjunkan pada PON XXII di NTB-NTT, pada 2028 mendatang.

”Kita mulai ancang-ancang, untuk menyiapkan atlet-atlet yang beprestasi dalam Porprov di Semarang Raya pada 2026. Ini akan menjadi proyeksi untuk diikutsertakan di PON XXII di NTB-NTT pada 2028 mendatang,” tegas Soedjatmiko, yang juga dosen Unnes Semarang ini.

Sementara itu, Sekum KONI Kota Semarang, Teguh Setyono mengemukakan, untuk keberadaan venue di wilayahnya tidak ada masalah. Pihaknya hanya ingin perlunya ditata batasan usia bagi atlet yang turun bertanding. Hal itu karena proyeksi Jateng adalah mencari atlet-atlet andal, yang masih berusia muda, untuk disipakan tampil di masa yang akan datang.

BACA JUGA: Dua Mahasiswa USM Ikuti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Wilayah 2024

”Cabor-cabor tertentu perlu ada batasan usia, sehingga kita tidak perlu susah mencari atlet prestasi dengan usai muda,” tegas Teguh.

Turut hadir juga dalam acara ini, Sekum KONI Jateng Achmad Ris Edianto, Waketum IV Amir Mahmud NS, dan Wakabid Media-Humas KONI Jateng Sigit Pramono.

Sigit PR