Kader Partai Golkar, Anang Budi Utomo, yang juga anggota DPRD Kota Semarang mengambil formulir pendaftaran calon wakil wali kota di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Sabtu (11/5/2024). Foto: Hery Priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Manuver politik sejumlah tokoh mewarnai bursa kandidat bakal calon wali kota / wakil wali kota dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota (Pilwakot) Semarang 2024.

Jelang Pilwakot Semarang pada November 2024, beberapa partai politik telah melakukan penjaringan calon yang akan diusung menjadi wali kota maupun wakil wali kota. Salah satunya DPD Golkar Kota Semarang, yang juga melakukan penjaringan bakal calon.

Sabtu (11/5/2024), kader Partai Golkar, Anang Budi Utomo yang juga anggota DPRD Kota Semarang menyerahkan surat tugas sebagai fungsionaris bakal calon Wakil Wali Kota Semarang kepada panitia atau tim Pilkada DPD Partai Golkar Kota Semarang.

Sebelumnya, Anang memang memperoleh surat tugas dari DPP Partai Golkar untuk maju di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwakot) Semarang 2024 sebagai bakal calon wakil wali kota.

Ditemani oleh teman-teman dari pengurus Partai Golkar dan sayap partai, Anang Budi Utomo melakukan penyerahan Surat Tugas sekaligus berkas-berkas kelengkapan administrasi untuk proses pencalonan bakal calon wakil wali kota Semarang ke DPD Golkar Kota Semarang.

Berkas tersebut diterima oleh Muhammad Ulil Haq dan jajaran pengurus DPD Golkar di Kantor Sekretariat Partai Golkar, Jalan Veteran Kota Semarang.

“Dengan menyerahkan surat tugas ini, saya berniat maju di Pilwakot Semarang sebagai bakal calon wakil wali kota. Tujuan dari pencalonan saya ini adalah untuk lebih meningkatkan peran saya yang selama ini sudah berkiprah di DPRD Golkar Kota Semarang selama 15 tahun, dan kemarin ikut kontestasi Pemilihan Legislatif tahun 2024,” katanya.

Anang mengungkapkan, pencalonannya tersebut tentunya atas restu dari sesepuh, orang tua, maupun dari keluarga yang membuatnya lebih bersemangat untuk mencoba mengikuti kontestasi Pilkada tahun 2004.

“Kami mohon doa restu kepada masyarakat semuanya, semoga ikhtiar dari saya ini mendapat petunjuk dan Ridho dari Allah subhanahu wa ta’ala serta mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Setelah menyerahkan surat tugas sebagai fungsionaris bakal calon Wakil Wali Kota Semarang kepada panitia atau tim Pilkada DPD Partai Golkar Kota Semarang, Anang kemudian mengambil formulir pendaftaran calon wakil wali kota di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Semarang pada Sabtu sore.

Dia berharap, dengan adanya surat tugas dari DPP Golkar untuk menjadi bakal calon wakil wali kota, DPD Golkar Kota Semarang dan DPC PDI Perjuangan Kota Semarang bisa berkoalisi maju di Pilwakot Semarang 2024.

Dirinya juga mengaku siap dicalonkan dengan siapapun nanti yang diusung oleh DPC PDI Perjuangan Kota Semarang sebagai calon wali kota di Pilwakot Semarang 2024 nanti.

“Ini semua saya lakukan sebagai wujud ikhtiar dan untuk selanjutnya kami serahkan kepada pimpinan partai masing-masing, dan yang pasti saya taat asas, termasuk asas-asas yang ada di organisasi. Baik di Partai Golkar maupun di PDI Perjuangan. Dan kami akan mengikuti ketentuan mekanisme dan aturan yang berlaku,” katanya.

Hery Priyono