Para relawan PMI Kabupaten Wonogiri, Rabu (8/5), menggelar apel untuk memperingati Hari Palang Merah Sedunia Tanggal 8 Mei 2024. Apel digelar di halaman Kantor PMI Wonogiri di Wonokarto.(Dok.PMI Wonogiri)

RABU HARI INI Tanggal 8 Mei 2024, merupakan Hari Palang Merah Sedunia. Hari Palang Merah Internasional, ditetapkan pada Tanggal 8 Mei sejak Tahun1863. Tanggal 8 Mei, merupakan hari lahir Henry Dunant, tokoh dunia penggerak keanggotaan Palang Merah internasional.

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, disingkat menjadi Palang Merah (Red Cross International), merupakan kumpulan dari organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan. Federasi Internasional Komunitas Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, mengatur aktivitas anggota pergerakan di 188 negara yang tergabung dan Komunitas Nasional Palang Merah dan Bulan Sabit.

Peringatan Hari Palang Merah Sedunia bertujuan untuk menginspirasi, memfasilitasi, dan juga mempromosikan seluruh aktivitas kemanusiaan yang dilakukan oleh Komite Internasional Palang Merah dan anggota Komunitas Nasional, yang ikut tergabung. Yakni ntuk menghargai jasa para relawan dan staf, yang berjuang menyelamatkan nyawa orang banyak.

Red Cross International atau Palang Merah Internasional, secara resmi diakui dunia pada Perjanjian Jenewa pertama pada Tanggal 22 Agustus 1964. Perjanjian tersebut, mempertemukan 12 negara dengan mengangkat tema penanganan orang terluka dan sakit di medan perang.

Jean Henri Dunant, pejuang kemanusiaan berkebangsaan Swiss, menjadi sosok penting di balik pertemuan itu. Dunant, menyerukan adanya perjanjian bersama untuk merawat tentara terluka dan sakit dari pihak netral (non-partisan).

Ia juga mengusulkan untuk menggunakan lambang internasional sebagai penanda tenaga medis atau penyedia obat medis. Untuk menghormati Dunant, dipilihlah sebuah lambang palang merah dengan latar belakang putih.

Rutilahu

Berkait dengan Hari Palang Merah Sedunia, Rabu (8/5), digelar apel para relawan di halaman Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri. Tampil menjadi Pembina Apel, Drs Gino, SPd, MPd, MM (Ketua Bidang PSD, Diklat & Relawan PMI Wonogiri) yang membacakan sambutan Ketua PMI Wonogiri Dokter Dwi Handoyo MM. Ikut hadir Kepal UDD PMI Wonogiri Dokter Heri Susanto bersama pengurus PMI Wonogiri.

Kepala Markas PMI Wonogiri, Wardjo SSos, menyatakan, tema peringatan Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Dunia Tahun 2024 adalah “I give with joy, and the joy I give is a reward.” (Aku memberi dengan senang hati, dan kegembiraan yang kuberikan adalah pahala).

Semua yang hadir dalam apel, diajak menundukkan kepala sejenak untuk berdoa, atas terjadinya tragedi kemanusiaan di Palestina khususnya di jalur Gaza. Yang sampai hari ini, telah menewaskan sebanyak 32.142 orang dan 74.412 orang lainnya luka. Semoga yang tewas sebagai syuhada dan di tempatkan di surganya Allah. Tim Palang Merah Indonesia yang bertugas di sana, selalu diberikan perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT.

Bersamaan dengan peringatan tersebut, PMI Kabupaten Wonogiri melaksanakan kegiatan pemugaran 7 Rumah Tak Layak Huni (Rutilahu) milik warga tidak mampu. Juga memberikan bantuan kepada 60 anak penyandang masalah stunting.

Untuk Palang Merah Remaja (PMR) melakukan pengembangan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) menuju Wonogiri sebagai Kabupaten Tangguh Bencana. Juga melakukan pengembangan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) dan Rabu (8/5) menggelar sarasehan.
Bambang Pur