blank
AIMA memamerkan motor listriknya di Pameran Asia Bika Jakarta Indonesia, belum lama ini. Foto: dok/aima

SEMARANG (SUARABARU.ID)– General Manager AIMA, sebuah industri yang bergerak di bidang kendaraan listrik roda dua asal Cina, Ma Fa Ming mengatakan, pihaknya hadir untuk mengenalkan produk kendaraan listrik Cina ke Asia Tenggara, dan menunjukkan efisiensi industri manufaktur cerdas kepada dunia.

Hal itu seperti yang dia sampaikan dalam keterangan tertulisnya, dalam pameran Asiabike Jakarta Indonesia, yang pertama resmi diadakan di Jakarta International Convention and Exhibition Center, Selasa (30/4/2024).

Disampaikannya, AIMA sebagai pemimpin industri kendaraan listrik dalam negeri Cina, dan merek roda dua terkemuka kendaraan listrik dunia, diundang untuk berpartisipasi dalam pameran dan ikut bersaing dengan para kompetitor kendaraan listrik lainnya di dunia.

BACA JUGA: Hajar Persipal 4-0, Persiku Puncaki Klasemen Grup I Liga 3 Nasional

”Di Asiabike Jakarta Indonesia, AIMA memamerkan kendaraan modis dan berteknologi tinggi, seperti Luna, Meta Pro, Mach Pro, Sky Stride, dan Hi Hawk. Kendaraan roda dua listrik dari AIMA itu, tidak hanya menawarkan kendaraan yang modis, tapi juga berkualitas tinggi,” kata dia.

Dari data Asosiasi Sepeda Cina, negara itu merupakan eksportir kendaraan listrik roda dua terbesar di dunia. Sebesar 80 persen kendaraan roda dua listrik dunia, diproduksi di Cina. Dan 90 persen rantai industri kendaraan listrik roda dua terkonsentrasi di Cina, serta 100 persen kendaraan roda dua listrik di dunia diproduksi di Cina.

”Pasar Indonesia mempunyai ruang yang sangat besar, dan punya potensi yang juga besar. Di negara dengan jumlah penduduk 276 juta jiwa ini, ada 130 juta sepeda motor, dan tingkat kepemilikan sepeda motor mencapai 50 persen,” ungkap Ma.

BACA JUGA: Dandim 0728 Pimpin Panen Raya Padi Varietas Mapan-05

Pada saat yang sama, Pemerintah RI mendorong perusahaan-perusahaan untuk mengembangkan industri energi baru, dan telah meluncurkan berbagai kebijakan untuk mempromosikan rencana “minyak ke listrik”, dengan memberikan subsidi pembelian kendaraan roda dua pada konsumen, serta meningkatkan rantai industri pada perusahaan.

Disebutkan juga, investasi masa depan dan pembangunan pabrik AIMA di Indonesia, akan secara menyeluruh meningkatkan model operasi AIMA, pengembangan pasar, meningkatkan merek, dan secara efektif meningkatkan kepercayaan dealer lokal, serta membuka jalan bagi pengembangan AIMA di pasar Asia Tenggara.

”Kami akan mempromosikan kerja sama internasional dan penerapan pembangunan merek lokal, mempercepat inovasi teknologi komponen inti, dan berupaya membangun merek kendaraan listrik roda dua terkemuka di dunia,” imbuh Luo Jian Gang, Manajer Umum Bisnis Internasional Grup Teknologi AIMA.

Dijelaskan dia, pada 2022 AIMA bekerja sama dengan desainer logo Apple, Rob Janoff, untuk menyelesaikan penyegaran citra muda dan modis, dari sistem VIS merek ‘Fashion AIMA Travel Free’.

Riyan