blank
Ilustrasi cara merawat kulit kering. Foto: Dok/Pixabay

Menurut studi berjudul Red meat and processed meat intake and risk of cutaneous melanoma in white women and men: Two prospective cohort studies, dalam Journal of The Academy of Dermatology, tidak hanya menjaga kelembapan kulit, mengurangi daging-dagingan juga dapat mencegah kanker kulit.

7. Pentingnya menggunakan krim malam
Regenerasi kulit atau pergantian sel kulit mati dengan sel kulit baru terjadi pada malam hari. Karena itu, kamu yang memiliki kulit wajah kering sangat dianjurkan untuk menggunakan krim malam sebagai cara merawat kulit kering.

Krim malam yang kamu gunakan dapat membantu proses regenerasi kulit. Namun, pastikan kandungan di dalam produknya sesuai dengan kondisi kulitmu.

8. Lakukan perawatan dengan bahan-bahan alami
Kamu juga bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami, seperti minyak zaitun, minyak jojoba dan madu sebagai cara merawat kulit kering.

Oleskan minyak zaitun dan minyak jojoba pada wajah dan pijat lembut dengan gerakan melingkar, hingga minyak meresap ke dalam kulit, lalu bersihkan.

Sementara itu untuk bahan madu, kamu bisa mengoleskan pada bagian kulit wajah yang kering. Lalu, biarkan mengering selama 10 menit, kemudian bersihkan.

9. Minum air putih
Menurut jurnal ilmiah berjudul Dietary water affects human skin hydration and biomechanics yang dipublikasikan di Dove Press Journal, mengonsumsi air putih adalah salah satu cara merawat kulit kering. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dapat membantu menjaga hidrasi dan kelembapan kulit wajah.

10. Jangan menggosok kulit terlalu kencang
Kulit kering cenderung lebih rentan terhadap iritasi. Menggosok wajah dengan keras berisiko merusak lapisan perlindungan kulit dan memicu reaksi iritasi, sehingga membuat kulit semakin kering serta sensitif.

11. Pilih pakaian dari bahan yang menyerap keringat
Pakaian yang menyerap keringat membantu mencegah terjadinya kelembapan berlebih di permukaan kulit. Kulit kering cenderung lebih rentan terhadap iritasi, dan kelembaban berlebih justru akan memperparah kondisi ini.

Ning S