blank
Ilustrasi cara merawat kulit kering. Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kulit wajah yang kering bisa memicu masalah kulit lainnya seperti mengalami luka atau lecet, rentan terhadap kuman, hingga memicu rasa gatal.

Selain itu, kulit kering akan membuat penampilan jadi terkesan tua karena garis-garis kulit menjadi lebih kentara.

Melansir dari Halodoc, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit kering. Mulai dari rutin melakukan eksfoliasi, menghindari paparan sinar matahari secara langsung, hingga menggunakan pelembap yang tepat. Bagaimana cara merawat kulit kering yang ampuh?

Kulit wajah yang kering bisa terjadi akibat hormonal, faktor usia, sinar matahari, radikal bebas, dan bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik. Berikut berbagai cara merawat kulit kering sehingga terjaga kelembapannya.

1. Melakukan eksfoliasi
Kulit akan terus membuat sel baru dan melepaskan sel kulit mati. Ketika sel kulit mati menumpuk pada wajah, kondisi ini bisa memicu kulit yang kusam dan kering.

Salah satu metode merawat kulit kering adalah dengan cara perawatan eksfoliasi. Perawatan ini membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah, sehingga wajah lebih sehat. Eksfoliasi terkenal dengan dua jenis yang berbeda, yaitu mechanical exfoliator dan chemical exfoliator.

Menurut studi di Journal of Cosmetic Dermatology, berjudul Effects of Lactobionic Acid Peel, Aluminum Oxide Crystal Microdermabrasion, and Both Procedures on Skin Hydration, Elasticity, and Transepidermal Water Loss, para peneliti mengamati bahwa melakukan kombinasi eksfoliasi tersebut mampu meningkatkan tingkat hidrasi kulit. Begitu juga dengan tingkat keelastisitasan kulit menjadi lebih baik.

2. Gunakan sabun khusus pembersih wajah
Cara merawat kulit kering selanjutnya dengan membersihkan wajah minimal dua kali sehari. Namun, jangan gunakan sabun mandi untuk mencuci wajah, karena kadar pH yang terkandung dalam sabun mandi kurang cocok untuk kulit wajah. Jadi, pastikan kamu membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah yang khusus untuk kulit kering.