blank
Ilustrasi cara merawat kulit kering. Foto: Dok/Pixabay

3. Hindari paparan sinar matahari secara langsung
Paparan sinar matahari dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan kulit kehilangan keelastisitasan dan minyak alaminya. Kondisi ini berisiko membuat kulit menjadi kering, kusam, dan muncul kerutan halus.

Menurut studi di Indian Journal of Dermatology yang berjudul A Review on Sun Exposure and Skin Diseases, paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal-gatal. Kondisi tersebut bisa menjadi gejala dari dermatitis aktinik kronis.

Dengan begitu, menghindari paparan sinar matahari langsung bisa menjadi cara merawat kulit kering. Selain menggunakan tabir surya, kamu juga bisa menggunakan topi agar sinar matahari tidak langsung terpapar pada wajah.

4. Cuci muka dengan air dingin
Sebaiknya hindari sering-sering mencuci wajah dengan menggunakan air hangat, karena dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit wajah. Kondisi ini justru membuat kulitmu yang kering semakin parah.

Sebagai cara merawat kulit kering yang tepat, sebaiknya cuci wajah kamu menggunakan air dingin atau air suhu ruang. Kamu sebaiknya menggunakan air hangat ketika sedang membersihkan komedo atau wajah yang berjerawat.

5. Gunakan pelembap atau skincare
Gunakan pelembap atau skincare setiap habis membersihkan wajah. Sama seperti sabun pembersih wajah, pilihlah pelembap yang khusus untuk kulit kering dan kusam. Sebab biasanya terdapat formula khusus skincare untuk kulit kering.

Menurut studi berjudul Efektivitas Natural Face Mask dalam Meningkatkan Kelembapan Kulit Wajah yang dipublikasikan di Jurnal Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, menggunakan pelembap atau pun masker dari bahan alami, baik untuk mengatasi kulit kering.

6. Penuhi nutrisi untuk kulit
Cara merawat kulit kering selanjutnya dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat yang mengandung nutrisi. Penuhi nutrisi yang kulit butuhkan dengan mengonsumsi makanan sehat mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Kurangi konsumsi daging-dagingan, makanan junk food, serta konsumsi makanan pedas yang terlalu sering.