blank
Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah didampingi Kepala Terminal Induk Giri Adi Pura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto (kedua dan kesatu dari kanan), melakukan pemantauan langsung kendatangan pemudik.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sampai kini, kedatangan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M ke Wonogiri masih berlangsung. Kedatangan para pemudik masih saja terjadi belakangan ini. Baik yang menggunakan Mobil Penumpang Umum (MPU) jenis bus, maupun yang menggunakan kendaraan pribadi, carteran, mobil rental maupun jasa travel.

Kepala Terminal Induk Giri Adi Pura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, menyatakan, puncak kedatangan arus mudik yang menggunakan bus terjadi dalam tiga hari. Yakni Tanggal 5 sampai dengan 7 April 2024 lalu. Tanggal 5 April datang sebanyak 6.590 orang yang diangkut dengan 102 bus AntarKota AntarProvinsi (AKAP). Tanggal 6 April datang sebanyak 5.830 orang (126 bus) dan Tanggal 7 April datang sebanyak 12.015 orang (334 bus).

Total kedatangan penumpang bus AKAP di Bulan April sampai dengan Tanggal 8, tercatat sebanyak 41.742 orang diangkut memakai 1.557 bus. Kedatangan menggunakan bus AntarKota Dalam Provinsi (AKDP) sebanyak 5.690 orang (319 bus). Yang datang menggunakan Bus Tran (BT) sebanyak 7.188 orang (304 bus).

Jumlah tersebut belum termasuk kedatangan tambahan pada shift kedua Tanggal 8 April 2024, yakni sebanyak 3.749 orang dengan 169 bus AKAP. Diantara kedatangan tambahan arus mudik ini, ada yang menggunakan pelayanan gratis sebanyak 154 bus.

Sementara itu, jumlah keberangkatan penumpang bus AKAP dari Wonogiri, tercatat sebanyak 817 bus dengan mengangkut 8.353 orang. Yang menggunakan bus AKDP sebanyak 319 bus dengan mengangkut sebanyak 5.499 orang. Untuk keberangkatan dengan fasilitas BT, ada sebanyak 5.360 orang dengan 310 BT.

Jumlah kedatangan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M pemakai kendaraan pribadi, mobil rental, carteran dan jasa travel, tidak diketahui pasti karena lolos dai pendataan. Tidak seperti halnya kedatangan pemudik pemakai Mobil Penumpang Umum (MPU) jenis bus, yang kedatangannya selalu dicatat oleh petugas terminal.

Untuk memberikan pelayanan dan pengamanan, di Terminal Induk Bus Giri Adi Pura, di Krisak, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, juga didirikan Pos Lebaran yang memberikan pelayanan dan pengamanan selama 24 jam secara nonstop. Personel yang jaga, terdiri atas jajaran TNI-Polri bersama aparat dari dinas dan instansi terkait.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah turun langsung melakukan cheking ke Pos Lebaran dan memantau kedatangan arus mudik. Bersama para Pejabat Utama (PJU) Polres, Kapolres juga mendatangi Terminal Induk Bus Giri Adi Pura, di Krisak, Selogiri, Wonogiri, saat dini hari bersamaan dengan kedatangan pemudik.

Bambang Pur