Masjid Al Falah Sukoharjo, mendapat julukan masjid seribu lampu. Selama Bulan Ramadan 1445 H/2024 M, padat menggelar beragam acara keagamaan.(Dok.Begug SW)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Di malam Bulan Suci Ramadan 1445 H/2024 M ini, Masjid  Al-Falah terletak sebelah barat SMA Negeri 1 Sukoharjo, dijuluki sebagai Masjid Seribu Lampu. Pasalnya, dari 4 penjuru jalan, terpasang banyak lampu hias. Baik lampu renteng yang terpasang melintang jalan, dan lampu-lampu lain yang menambah citra semarak.

Tokoh masyarakat Sukoharjo, Begug SW, mengabarkan, pemasangan banyak lampu tersebut, untuk menghidupkan suasana Ramadhan di malam hari. Takmir Masjid Al Falah, memakai tagline “Mumpung Poso Ayo  Podo Golek Dalan Padang.” Maksudnya, selagi Ramadhan, mari mencari jalan terang melalui upaya  memakmurkan masjid.

Tidak hanya malam yang bersuasana gemebyar. Di siang hari pun tampak semarak dengan banyaknya umbul-umbul yang terpasang di sekitar komplek masjid. Ratusan hiasan jenis rontek, juga terpasang  di sepanjang ruas jalan.

Ketua Takmir Ir Rudy Setyohadi, menyatakan, telah dipersiapkan beragam agenda selama sebulan penuh di Bulan Suci Ramadan 1445 H/2024 M. Semua ini, demi memanjakan jamaah. Saat sholat tarawih, menghadirkan Imam-Imam muda Hafidz Al Quran. Bersamaan itu, juga dilaksanakan berbagai kajian agama dengan menghadirkan para Ustadz Kondang. Harapannya, ini akan menjadi daya tarik bagi jamaah untuk berbondong-bondong datang ke masjid, dalam upaya menambah ilmu dan pendalaman tentang agama.

Selain kajian agama, setiap hari panitia juga menyiapkan buka bersama (Bukber), dengan berbagai varian menu makanan dari berbagai catering dan rumah makan. Seperti dari Syafina Catering, Dapur Maestro, Soto Carikan dan sebagainya. Secara bergiliran, tampil menyajikan menu Bukber dengan jenis menu yang selalu berganti.

Bukber Akbar, dilakukan dengan mengundang semua santri TPQ beserta orang tuanya, serta jamaah masjid dan warga sekitar. Sebagai agenda penutup kegiatan Ramadhan 1445 H/2024 M. ada acara Khataman Al Quran dengan menu spesial serba kambing. Dan ke esokan harinya, dilakukan pembagian zakat fitrah. Inilah serangkaian program yang dilaksanakan selama 1 bulan, yakni dari awal hingga akhir Ramadhan di Al Falah yang dijuluki sebagai Masjid Seribu Lampu.
Bambang Pur