Bupati Eisti'anah memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024, di Lapangan Wicaksana Laghawa Polres Demak, Kamis (4/4/2024). Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Guna pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Polres Demak menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024. Bertempat di Lapangan Wicaksana Laghawa Polres Demak, Kamis (4/4/2024), Bupati Eisti’anah memimpin upacara apel.

Hadir dalam kegiatan ini, unsur Forkopimda, Dandim 0716/Demak Letkol Kavaleri Maryoto, Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaya, Forkopimda Kabupaten Demak, serta pejabat utama Polres Demak.

Operasi Ketupat Candi 2024 ini sendiri, dilaksanakan 4-16 April 2024. Bupati dalam arahannya menyampaikan, pentingnya sinergitas dan kerja sama antara Polri dengan berbagai stakeholder, dalam menghadapi tantangan keamanan selama Ramadan dan Lebaran. Terutama mengantisipasi lonjakan pemudik, yang diperkirakan mencapai 1,76 juta orang.

BACA JUGA: Satpol PP Demak Sita Ratusan Botol Miras

Eisti’anah juga mengingatkan tentang kondisi Jalur Pantura Demak, yang rawan banjir dan rob. Dia meminta, petugas gabungan untuk fokus pada penanganan kepadatan arus lalu lintas, serta memastikan keselamatan dan kenyamanan pemudik.

”Ajak pemudik untuk memanfaatkan jalan tol dan pos Lebaran, untuk beristirahat. Berikan pelayanan terbaik bagi pemudik, agar mereka merasa aman dan nyaman selama di perjalanan,” kata Eisti.

Sementara itu, Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaya menyatakan, pihaknya telah menyiapkan tiga pos terpadu dan satu pos sinergitas TNI-Polri, untuk mendukung operasi ini.

”Dengan melibatkan 450 personel gabungan dari berbagai instansi, Operasi Ketupat Candi (OKC) 2024 ini, tidak hanya fokus pada pengaturan lalu lintas saja. Tetapi juga menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara keseluruhan di Kabupaten Demak.

Rudy-Riyan