Sejumlah panitia penyelenggara Ramadhan Fest 2024, menyaksikan sajian tari dan musik, saat acara penutupan event rutin tahunan yang digelar di Plaza MAJT Semarang. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sekretaris Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang, KH Muhyiddin menyampaikan apresiasinya, atas sukses terselenggaranya rangkaian kegiatan Ramadan Fest 2024.

Beberapa di antaranya, peringatan Nuzulul Quran di MAJT dan penutupan Ramadhan Fest 2024, yang dilaksanakan Jumat (29/3/2024) lalu. Dalam kegiatan yang dilaksanakan sore hari menjelang buka puasa di Plaza MAJT ini, selalu dihadiri ratusan pengunjung dari sejumlah wilayah di Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang.

”Terima kasih kami sampaikan kepada para peserta, yang telah setia datang ke MAJT. Dan juga kepada para pendukung, yang ikut bekerja sama dalam kegiatan ini,” kata Kiai Muhyiddin dalam keterangannya, Minggu (31/3/2024).

BACA JUGA: HMJA FE USM Adakan ‘Charity Event 2024’

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Ramadhan Fest 2024, Prof Dr Ahmad Izzuddin MAg mengumumkan beberapa nama pemenang dalam event rutin tahunan ini, untuk kategori Murottal, Dai Qu dan Musik Islami.

Untuk Kategori Murottal, Juara I diraih Fadila dari Pondok Pesantren Al-Mahfudz Weding, Demak. Juara II M Matsna Fawatihuurrozaq (UKM BITA UIN Walisongo Semarang) dan Juara III Alfian Praditama (Pondok Pesantren Al-Mahfudz Wedung Demak).

Adapun Kategori Dai Qu, Juara I Moh Fathul Ikhsan (UIMSYA Blok Agung Banyuwangi, Jawa Timur), Juara II M Syahril Arifin Sutendi (Universitas Al-Washilyah, Medan Sumatera Utara) dan Juara III Tika Amalia (MAN 2 Cilacap).

BACA JUGA: Sukarelawan PMI Kebumen Ikuti Latgab dan Baksos ke Panti Asuhan

Sedangkan Kategori Musik Islami, Grup Rebana Modern SMPN 15 (Juara I), Musik Religi SMA NU Al-Ma’ruf Kudus (Juara II) dan Grup Musik Al-Falah SMAN 1 Mojo Tengah Wonososbo (Juara III).

Pada kesempatan yang sama, dilakukan penandatanganan kerja sama, antara Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Jateng dengan Fakultas Ilmu Budaya Univesitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

Selanjutnya dilakukan pemberian santunan kepada anak-anak yatim dari BSI dan TVKU Semarang. Dilanjutkan tausiyah yang disampaikan KH Ghufron Bisri, dan ditutup dengan buka puasa bersama.

BACA JUGA: Seperti Jenang, Ruas Jalan Prima-UMK yang Baru Dibangun sudah ‘Ngluntung’ dan Bergelombang

Pj Bupati Kudus, M Hasan Chabibi yang hadir pada kesempatan itu, berpesan kepada para generasi muda, agar mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

”Sekarang ini zamannya serba teknologi. Para pemuda dan pelajar harus mamiliki kemampuan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk dimanfaatkan pada hal-hal yang positif,” tukas dia.

Riyan