blank
Puluhan sularelawan PMI Kebumen dari berbagai unsur mengikuti latihan gabungan di Aula Universitas Putra Bangsa, Jumat 29/3.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kebumen mengadakan latihan gabungan (Latgab) melibatkan semua unsur sukarelawan pada Jumat (29/3) 2024.

Kegiatan dimulai Pukul 14.00-selesai, disambut antusias puluhan sukarelawan PMI Kebumen.

Latgab berlangsung di Aula Universitas Putra Bangsa (UPB) Pejagoan. Peserta terdiri Unit Relawan Korp Sukarela (KSR) dari  Perguruan Tinggi UMNU, IAINU, UNIMUGO, PPGI, UPB, dan KSR Markas, Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat), 16 PMI kecamatan, serta Relawan Tenaga Sukarela (TSR).

Staf Bidang Relawan dan PB PMI Kebumen, Hafifah Umami mengungkapkan, Latgab tbertujuan meningkatkan keterampilan anggota menjelang pembukaan Posko Idul Fitri 1445 H, sekaligus sebagai ajang silaturahmi antarsukarelawan.

blank
Sukarelawan PMI Kebumen mengadakan baksos membagikan sembako ke Yayasan Panti Asuhan Putra Mandiri Pejagoan, Jumat 29/3.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

“Hari ini kita adakan latihan gabungan dari berbagai unsur relawan seperti KSR, TSR, Sibat maupun PMI kecamatan. Bertujuan menambah kapasitas dan keterampilan sukarelawan menjelang siaga posko Lebaran 2024, dan tentunya sebagai jembatan untuk mempererat silahturahmi,”terang  Hafifah.

Persiapan Posko Lebaran 2024

Lebih jauh Hafifah menerangkan, dalam Latgab ini peserta memperoleh sejumlah materi mengenai sosialisasi CID (corporate Identity), refresh materi Pertolongan Pertama, materi Ambulance dan penggunaan perangkatnya, serta pengarahan posko lebaran.

“Sejumlah materi ditambahkan dalam latgab kali ini, seperti untuk menyegarkan kembali materi pertolongan pertama, corporate identity dan lainnya,”tambah dia.

Di sela Latgab juga menggelar kegiatan lainnya berupa bakti sosial di Yayasan Panti Asuhan Putra Mandiri Pejagoan, Kecamatan Pejagoan oleh sukarelawan. Baksos berupa pemberian paket sembako.

Sementara itu Endang Palupi selaku Ketua Yayasan Putra Mandiri mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan suakrelawan PMI Kebumen.

“Saya mewakili Yayasan Putra Mandiri Pejagoan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua adik-adik PMI yang sudah memberikan bantuan ini untuk anak-anak yang ada di panti. Senang dan bersyukur untuk semuanya” ucap Endang

Acara Latgab berlangsung semarak. Selanjutnya kegiatan Latgab diakhiri dengan buka Puasa bersama semua sukarelawan.

Komper Wardopo