blank
Bupati Indrata Nur Bayuaji (tengah deret depan), hadir langsung dalam peringatan Nuzulul Quran yang digelar di Pendapa Kabupaten Pacitan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Dalam memperingati Nuzulul Quran 1445 H/2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan, Jatim, menggelar Khotmil Quran di Pendapa Kabupaten. Acara ini digelar Rabu malam (27/3) dan dihadiri langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji.

Prokopim Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, ikut hadir dalam acara tersebut, para Pimpinan Perangkat Daerah serta Aparat Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintah Kabupaten Pacitan dan para tokoh agama.

Selain menghatamkan Al Quran 30 juz, acara peringatan Nuzulul Quran juga diisi dengan maulidul rasul dan mahalul qiyam serta mauidhoh hasanah, bersama Ustadz Hammam Fathullah dari Ponpes Al-Fattah, Kikil, Arjosari, Pacitan.

“Mudah-mudahan melalaui kegiatan yang baik ini Pacitan selalu diberikan keselamatan, dijauhkan dari mara bahaya. Kita semua diberi kesehatan, untuk mengemban tugas mewujudkan Pacitan yang bahagia sejahtera,” kata Bupati.

Nuzulul Quran terdiri dari dua kata yaitu Nuzulul dan Al-Quran yang berbentuk idafah. Penggunaan kata Nuzulul tidak dapat dipahami secara harfiah, sebab Al-Quran tidak berbentuk pisik atau materi. Dalam pengertian Majazi, Nuzulul Quran adalah penyampaian wahyu kepada Nabi Muhammad SAW ke alam nyata, melalui perantara Malaikat Jibril AS.

Al-Quran pertama kali diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW pada Tanggal 17 Ramadhan, dan dikenal dengan sebutan Nuzulul Quran atau turunnya Al-Quran.
Bambang Pur