blank
CABAI - Salah seorang pedagang cabai di Batang tengah menata dagangannya. (Foto: Diskominfo Batang)

BATANG (SUARABARU.ID) – Harga sayur atau bumbu dapur mulai kembali tidak stabil di pasar tradisional. Terutama berbagai jenis cabai yang harganya kembali mulai merangkak naik, secara signifikan.

Pedagang sayuran Susyanto mengatakan, harga cabai beberapa pekan lalu memang sempat normal, yakni Rp 35 ribu untuk cabai merah keriting dan Rp 30 ribu untuk rawit merah. Namun harga kembali mengalami kenaikan antara Rp 2 ribu hingga Rp 7 ribu per kilogram sejak awal pekan ini.

“Harga cabai rawit hijau pun mulai ikut merangkak, dari semula Rp 25 ribu kini menjadi Rp 27 ribu. Demikian pula dengan cabai merah besar yang naik Rp 5 ribu dari semula Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram,” terangnya, saat ditemui di kios Pasar Batang, Kabupaten Batang, Rabu (27/3/2024).

Untuk jenis sayuran yang ikut merangkak naik yakni tomat yang semula Rp 20 ribu kini merangkak naik jadi Rp 22 ribu. Dan diperkirakan menjelang lebaran akan mengalami kenaikan hingga Rp 26 ribu per kilogramnya.

“Jenis sayuran yang masih stabil yakni kentang dan bawang merah di angka Rp 20 ribu per kilogramnya. Bawang putih stabil di angka Rp 39 ribu per kilogramnya,” jelasnya.

Sedangkan harga beras sudah mulai menunjukkan penurunan harga dari semula Rp 16 ribu sampai Rp 17 ribu kini menjadi Rp 15 ribu.

Kendati demikian, Royanah sebagai pedagang beras mengeluhkan karena beras SPHP tidak didistribusikan lagi. “Sekarang masih stabil, tapi akan sedikit mengalami kenaikan sepekan jelang lebaran,” ujar dia.

Nur Muktiadi