blank
Ragnar Oratmangoen (11), merayakan golnya ke gawang Vietnam, bersama Nathan A-Tjoe, Justin Hubner dan Witan Sulaeman. Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kemenangan yang diraih Timnas Indonesia atas tuan rumah Vietnam, di laga keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, leg II yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam, membuat Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bangga luar biasa.

Di laga itu, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tampil spartan, dengan menghasilkan skor 3-0, melalui gol dari dari Jay Idzes menit kesembilan, Ragnar Oratmangoen (23), dan Ramadhan Sananta (90+8).

”Alhamdulillah, kita berhasil meraih tiga poin di kandang Vietnam. Mental dan ketenangan para pemain, patut mendapatkan apresiasi,” ujar Erick usai laga, seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (26/3/2024).

BACA JUGA: DPD Partai Golkar Kendal Bahas Persiapan Pilkada 27 November 2024

Disampaikan juga, kemenangan ini bukan sekadar tiga poin semata. Dia menilai, hal ini merupakan kemenangan bersejarah. Lantaran Timnas Indonesia sudah hampir 20 tahun tidak mampu meraih poin penuh saat bertandang ke Vietnam.

”Terakhir kita menang di Vietnam itu saat Piala AFF yang namanya masih Piala Tiger, pada 2004. Ini menjadi bukti perubahan, baik dari sisi kualitas dan mental bertanding yang mengalami peningkatan signifikan,” ucap Erick.

Menteri BUMN itu juga memuji mental bertarung para punggawa Garuda, yang tak gentar bermain di kandang lawan. Dia berpesan, perjuangan Indonesia belum selesai. Timnas harus tetap fokus untuk menghadapi dua pertandingan selanjutnya di bulan Juni, untuk lolos ke babak berikutnya.

BACA JUGA: Kapolres Grobogan Bagi Takjil Bersama Jemaat GKJ Grobogan Pepanthan Pondok Dilanjutkan Buka Puasa

”Kemenangan ini membuka peluang besar bagi Timnas, untuk lolos ke putaran ketiga Pra Piala Dunia 2026 Zona AFC, sekaligus otomatis tampil di AFC Asian Cup 2027, tanpa melalui babak kualifikasi,” imbuhnya.

Disampaikan Erick, Timnas kini berada di peringkat kedua dengan tujuh poin, atau unggul empat poin dari Vietnam. Tim asuhan Shin Tae-yong ini hanya cukup meraih satu kemenangan dari dua laga terakhir, saat menjamu Irak (6 Juni) dan Filipina (11 Juni), di Jakarta, untuk lolos ke babak berikutnya.

Riyan