blank
Warga masyarakat yang bermukim di sekitar SMK Negeri 2 Ponorogo, Jatim, berdatangan untuk menerima pembagian zakat fitrah.(Dok.SMK Negeri 2 Ponorogo)

PONOROGO (SUARABARU.ID) – SMK Negeri 2 Ponorogo, Jatim, membagikan 3,2 ton lebih beras zakat fitrah kepada sebanyak 171 warga masyarakat yang bermukim di sekitar sekolah, dan kepada 62 siswa yang berhak menerima.

Zakat fitrah menjadi penyempurna puasa Ramadhan. Rasulullah SAW mengumpamakan, pahala puasa itu masih tergantung antara langit dan bumi, dan belum sampai ke Hadirat Allah SWT, manakala belum dikeluarkan zakat fitrahnya.

Lebih dari sekadar kewajiban, kegiatan ini juga memberikan pembelajaran mengenai hukum dan aspek-aspek zakat itu sendiri, serta manfaatnya bagi yang berhak menerima. Guru Pembimbing SMK Negeri 2 Ponorogo, Ahmad Ansor Ridwani berkata: ”Zakat fitrah merupakan bagian integral dari kewajiban seorang muslim. Yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan.”

Guru Tarmin, menyatakan, jumlah zakat fitrah yang terkumpul di SMK Negeri 2 Ponorogo totalnya mencapai 3.279 Kg. Dari jumlah itu, sebanyak 855 Kg dibagikan kepada masyarakat umum, 310 Kg untuk siswa yang berhak menerima, 1.365 Kg untuk lembaga sosial/panti asuhan, dan 749 Kg untuk lingkungan guru dan karyawan.

Kepala SMK Negeri 2 Ponorogo, Farida Hanim Handayani, menyebutkan, selain sebagai kewajiban agama, zakat fitrah juga merupakan ekspresi nyata dari kepedulian terhadap kesejahteraan sesama. Melalui zakat fitrah, dapat turut berperan dalam memastikan bahwa setiap orang dapat merayakan Idul Fitri dengan kebahagiaan.
Bambang Pur