blank
Rakor evaluasi SPIP dan LKjLP UPT Kemenkum HAM Jateng di Kanim Wonosobo. Foto : SB/dok Tikim Kanim

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo menjadi tuan rumah kegiatan Evaluasi Kinerja Rencana Aksi percepatan perjanjian dan Penilaian Mandiri Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) serta LKjIP tahun 2024 pada UPT Eks Karesidenan Kedu yang dilaksanakan di Aula Rapat Lantai 2 Kanim setempat, Selasa (26/3/2024).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Divisi Administrasi Kemenkum HAM Jawa Tengah, Hajrianor didampingi langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Wonosobo, KA Halim dan Kepala Rumah Tahanan Kelas II B Wonosobo, Narya, Kepala Subbagian Program Kanwil Kemenkum HAM Jateng, Dedi Hartono.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh operator pelaporan masing-masing UPT Kemenkum HAM Eks Karesidenan Kedu. Membuka kegiatan, Hajrianor menyampaikan akuntabilitas menjadi tolak ukur capaian kinerja.

“Akuntabilitas menjadi kunci dalam keberhasilan pencapaian target kinerja, sesuai antara rencana target dengan pelaksanaannya. SPIP dan SAKIP menjadi alat ukur capaian kinerja kita,” jelasnya.

Munculnya SAKIP, tambah dia, merupakan bentuk pengukuran pertanggungjawaban yang bermula dari adanya Indikator Kinerja Utama (IKU) Kementerian, rencana strategis Kementerian, hingga perjanjian kinerja yang semuanya harus dapat dipertanggungjawabkan pelaksanaannya.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini kita bisa ikut menyumbang peningkatan nilai SAKIP Kementerian di tahun 2024. Sehingga ke depan Kemenkum HAM dapat mengusulkan tunjangan kinerja menjadi 100 persen,” ujarnya.

Terakhir Hajrianor menyampaikan agar peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan memahami materi yang disampaikan.

“Peserta kegiatan saya harapkan jangan merasa terbebani. Anggap ini merupakan kepercayaan yang diamanahkan oleh pimpinan. Karena itu, ikuti kegiatan dengan baik dan pahami materi yang disampaikan guna peningkatan nilai SAKIP UPT masing-masing,” pungkasnya.

Muharno Zarka