blank
Kaplres Grobogan bersama jemaat GKJ Grobogan pepanthan Pondok membagikan takjil untuk warga muslim di sekitar gereja. Foto: Polres Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) –Umat Muslim dan Kristiani berbaur dalam sebuah kegiatan bagi takjil di depan Gereja Kristen Jawa (GKJ) Grobogan Pepanthan Pondok, di Dusun Pondok, Desa Karangrejo, Kecamatan Grobogan, Selasa 26 Maret 2024.

Jemaat GKJ Grobogan bersama aparat Polri dari Polsek Grobogan dan Polres Grobogan berbagi takjil untuk warga muslim yang hendak berbuka puasa. Mayoritas mereka yang mendapatkan takjil ini adalah warga muslim yang tinggal di sekitar GKJ Grobogan Pepanthan Pondok.

Kegiatan bakti takjil ini dilaksanakan berbarengan dengan momen Program Minggu Kasih yang digalakkan oleh Polsek Grobogan.

Baca juga PWI Grobogan Bersama LazisMU Bagikan Takjil untuk Warga

Kapolsek Grobogan AKP Candra Bayu Septi menjelaskan, program ini menjadi salah satu program yang dilaksanakan Polsek Grobogan dan kebetulan momennya pas dengan bulan Ramadhan 1445 Hijriyah bagi umat Muslim dan Paskah bagi umat Kristen dan Katolik.

“Jadi pekan ini adalah pekan dimana umat Kristen dan Katolik akan merayakan Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Sunyi dan Minggu Paskah. Di pekan ini juga, umat Muslim sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan 1445 Hijriyah. Kami ingin menunjukkan bahwa toleransi antarumat beragpama hadir di Desa Karangrejo, Kecamatan Grobogan dengan mengadakan kegiatan bakti takjil ini,” AKP Candra Bayu Septi.

AKP Chandra Bayu mengaku bersyukur, kegiatan ini berjalan dengan baik, Islam dan Kristiani akrab satu sama lain.

Yang istimewa dalam kegiatan bagi takjil ini, juga hadir Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan yang didampingi sejumlah Pejabat Utama Polres Grobogan.

Kapolres bersama anggotanya serta jemaat GKJ Grobogan Pepanthan Pondok ini mendatangi satu rumah ke rumah warga untuk memberikan takjil tersebut.

Usai bagi takjil, Kapolres AKBP Dedy Anung Kurniawan bersama jajarannya mengikuti kegiatan peresmian GKJ Grobogan Pepanthan Pondok, yang baru saja selesai masa renovasinya.

Buka Puasa di Gereja

Selesai peresmian, Kapolres dan para PJU Polres Grobogan yang hadir, berkesempatan untuk berbuka puasa bersama. Uniknya, kegiatan buka puasa ini tidak dilaksanakan di tempat pada umumnya, namun di dalam gereja.

Tidak hanya mereka yang berbuka puasa di sana, namun warga masyarakat sekitar GKJ Grobogan Pepanthan Pondok yang hadir dalam kegiatan tersebut turut berbuka puasa bersama di sana.

Menurut Kapolres, toleransi tinggi terlihat dalam momen buka puasa bersama tersebut. Bagaimana tidak, baru kali ini warga setempat merasakan buka puasa bersama dengan menu yang sudah disiapkan oleh warga jemaat gereja tersebut.

“Kegiatan pada hari ini merupakan contoh toleransi umat beragama, semoga menjadi contoh bagi daerah lain untuk menciptakan hubungan yang harmonis antarpemeluk agama. Dan semoga apa yang diilakukan oleh Polri bersama jemaat GKJ Pepanthan Pondok ini dapat membawa keberkahan bagi kita semua,” harap AKBP Dedy Anung Kurniawan.

Tya Wiedya