blank
PEMELIHARAAN - Kegiatan pemeliharaan jalan pada sejumlah ruas jalan protokol di Kabupaten Tegal. (Foto: Humas Pemkab Tegal)

SLAWI (SUARABARU.ID) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Tegal Teguh Dwijanto Rahardjo memastikan kegiatan pemeliharaan jalan pada sejumlah ruas jalan protokol akan selesai sebelum mudik Lebaran 2024 tiba. Keterangan tersebut disampaikan Teguh saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa  (26/3/2024).

Teguh menyampaikan, kondisi hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Tegal beberapa waktu terakhir telah mengakibatkan sejumlah jalan berlubang dengan diameter dan kedalaman beragam. Akibat kerusakan di sejumlah ruas jalan ini, pengendara hanya bisa memacu kendaraannya dengan kecepatan rendah untuk menekan risiko terperosok lubang atau terpeleset aspal yang mengelupas.

Diakui, kondisi curah hujan yang tinggi juga telah memengaruhi kondisi jalan yang semula mantap bergeser menjadi rusak sedang. Contohnya jalan ruas Tuwel-Bojong yang sempat diperbaiki kini rusak lagi karena terkikis limpasan air hujan dengan intensitas tinggi.

Lebih lanjut Teguh menjelaskan pihaknya terus mengebut perbaikan jalan protokol agar selesai tepat waktu sampai dengan H-7 Lebaran atau sebelum dimulainya momen mudik Lebaran. Harapannya bisa memberikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan yang melintas, terutama warga pemudik.

“Perbaikan jalan ini dilakukan dengan pengaspalan dan penambalan. Kami menargetkan perbaikan jalan bisa selesai paling cepat akhir Maret ini atau maksimal H-7 Lebaran,” ucap Teguh.

Meski demikian, pelaksanaan pekerjaan pemeliharaan rutin jalan pada ruas jalan dengan intensitas lalu-lintas tinggi tersebut tetap memperhatikan kondisi curah hujan yang ada. Ada prosedur mitigasi risiko yang diterapkan seperti memilih bahan konstruksi yang lebih tahan terhadap air dan membuat perencanaan yang matang untuk mencegah genangan air.

Adapun kegiatan pemeliharaan jalan ini dilakukan di 15 ruas jalan, diantaranya ruas Trayeman-Singkil, Singkil-Debong Kidul, Dampyak-Mejasem Timur, Balamoa-Karangmalang, Kaligayam-Pesayangan, Trisanja-RP Suroso, Dukuhturi-Sumur Panggang, Lawatan-Kupu, Kaladawa-Mejasem, Tamansari-Wotgalih, Yomani-Timbangreja, Kalibakung-Karangjambu, Karangjambu-Tuwel, Dawuhan-Getaskerep dan Banjaranyar-Kalibakung.

“Kita sudah menerbitkan 15 SPK (surat perintah kerja) ke rekanan untuk pekerjaan pemeliharaan rutin jalan untuk menyambut mudik Lebaran 2024 ini,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengeluarkan SPK untuk pekerjaan pemeliharaan berkala pada ruas jalan Tuwel-Guci yang dianggarkan senilai Rp6,7 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Pekerjaan perbaikan pada ruas jalan ini akan menjangkau ruas jalan di dalam objek wisata Guci.

Masih dari sumber pendanaan yang sama, di tahun ini juga ada paket pekerjaan pelebaran jalan agar mencapai standar minimalnya, yaitu pada ruas Semboja-Randusari dengan alokasi anggaran senilai Rp7,6 miliar.

Teguh menambahkan, kegiatan peningkatan kualitas jalan berupa perkerasan rigid beton sedang dikerjakan pada ruas Pangkah-Cacaban senilai Rp480 juta. Diperkirakan sampai dengan Lebaran nanti, hanya satu lajur yang bisa dilalui.

“Kami sampaikan permohonan maaf apabila sampai Lebaran nanti kemungkinan untuk ruas jalan di segmen selatan PG Pangkah hanya satu lajur saja yang bisa dilalui,” pungkasnya.

Sutrisno