blank
Shin Tae-yong didampingi Egy Maulana Vikri, saat hadir di sesi jumpa pers, jelang laga lawan Vietnam, di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024). Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Laga lanjutan babak penyisihan Grup F putaran kedua, Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, kontra Vietnam, di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam, diakui pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak akan mudah.

Menurut dia, Vietnam selalu menjadi lawan yang menyulitkan. Meski mengantongi modal kemenangan 1-0 dalam pertemuan sebelumnya, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024) lalu, pelatih asal Korsel itu menilai, tidak bisa jadi tolok ukur, Indonesia akan dengan mudah mengulang hasil itu.

Persiapan timnas juga terganggu, dengan absennya sejumlah pemain. Skuad Garuda tidak diperkuat Sandy Walsh yang terkena akumulasi kartu kuning, Marc Klok yang meninggalkan tim untuk menjalani pemulihan cedera tendon achilles di Singapura. Selain itu, Nadeo Argawinata, Dimas Drajad, Pratama Arhan, Ivar Jenner yang mengalami sakit.

BACA JUGA: PT PLN IP UBP Semarang Beri Layanan Pengobatan Gratis untuk 200 Warga Tambak Rejo

Namun Shin Tae-yong dapat menurunkan dua pemain naturalisasi baru, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Masuknya dua pemain itu, membuat dia yakin Timnas Indonesia punya peluang meraih tiga poin. Hasil itu diharapkan bisa memutus rekor buruk, tidak pernah menang di kandang Vietnam, yang bertahan sejak 2004 silam.

”Kami sudah melakukan persiapan, supaya bisa menampilkan performa bagus. Mungkin akan lebih berat, karena kami bermain di kandang Vietnam. Tapi menurut saya, kami masih punya peluang untuk menang,” kata Shin Tae-yong, seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (26/3/2024).

Dia juga yang akhirnya memutuskan untuk menerbangkan empat pemain baru ke Vietnam. Keempat pemain itu yakni, Ernando Ari Sutaryadi, Muhammad Ferarri, Rachmat Irianto dan Syahrul Trisna Fadhillah.

BACA JUGA: Gerakan Masjid Bersih bersama Unilever Indonesia di MAJT

blank
Para pemain Timnas Indonesia terus berlatih, meski beberapa pemainnya absen akibat akumulasi kartu dan sakit. Foto: dok/pssi

Khusus untuk Syahrul, kiper asal klub Persikabo (Kabupaten Bogor) itu, bergabung ke Hanoi pada Selasa (26/3/2024) ini. Untuk Rafael Struick yang sempat mengalami sakit, sudah dinyatakan sudah membaik, dan menyusul bergabung bersama skuad Garuda pada Senin (25/3/2024).

Shin Tae-yong juga menyadari, pertandingan ini menjadi laga penting bagi kedua tim, untuk memuluskan langkah lolos ke putaran ketiga bersama Irak. Irak punya kans paling bagus, untuk melaju ke putaran ketiga sebagai juara grup.

”Banyak pemain Indonesia yang masih belum berpengalaman. Namun saya sadar, mereka punya keinginan dan kemampuan untuk menghadirkan performa terbaiknya,” tukas dia.

BACA JUGA: Dibekali Paket Sembako, Pengungsi Banjir di Posko DPRD Kudus Dipulangkan

Saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi kedua klasemen sementara Grup F, dengan raihan empat poin dari tiga laga yang sudah dimainkan.

Sementara itu, pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri menilai, laga lawan Vietnam akan sama-sama sulit untuk kedua tim. Karena itu, untuk meraih kemenangan diperlukan kerja keras dan kekompakkan.

”Untuk laga nanti, kedua tim akan sama-sama mengalami banyak kesulitan. Saya dan teman-teman akan berusaha keras, dan kita lihat apa yang akan terjadi di pertandingan nanti,” ucap pemain asal Dewa United FC itu.

Riyan