Program layanan kesehatan keliling (pengobatan gratis) di Tambak Rejo, Gayamsari Semarang. Foto: Ning/SUARABARU.ID (26/3/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) РProgram layanan kesehatan keliling dan bantuan PMT ibu hamil serta baduta kembali dilaksananakan PT PLN Indonesia Power (IP) UBP Semarang  yang menggandeng Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jateng.

Program layanan kesehatan kali ini menyasar di Jalan Tenggang Raya RT.02/08 No. 36 Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, tepatnya di Balai RW.08 Kelurahan Tambakrejo dengan memberikan pengobatan gratis kepada 200 warga, dan pemberian makanan tambahan untuk 100 balita.

Supervisor Humas & Keamanan PT PLN Indonesia Power UBP Semarang, Retno Wulandari menyampaikan, program layanan kesehatan keliling ini merupakan tindaklanjut pasca banjir yang melanda Kota Semarang, khususnya wilayah Tanjungmas dan Tambak Rejo yang semuanya terdampak banjir.

“Gerak cepat kami yang pertama adalah memberikan bantuan makanan siap saji untuk korban banjir di sekitar pembangkit,” ujarnya, Selasa (26/3/2024).

“Sementara untuk kegiatan layanan kesehatan keliling ini merupakan layanan pasca banjir. Karena pasca banjir pasti banyak terdapat masalah-masalah kesehatan seperti diare, gatal-gatal dan lainnya,” kata Retno.

Pihaknya juga terus melakukan program pendampingan untuk balita stunting, dengan memberikan makanan tambahan. Di waktu yang sama, PT PLN Indonesia Power UBP Semarang juga memberikan perhatian khusus kepada ibu hamil. “Kita berikan makanan tambahan dan protein,” imbuhnya.

Sementara itu Sekretaris Camat Gayamsari, Wiwoho Budi Hartono mengapresiasi program yang dilaksanakan PT PLN Indonesia Power UBP Semarang bersama IZI Jateng.

“Apa yang menjadi program dari PT PLN Indonesia Power UBP Semarang bersama IZI Jateng ini sangat bagus sekali, seperti harapan masyarakat. Karena setelah terdampak banjir banyak masalah-masalah yang terjadi seperti masalah kesehatan,” ungkapnya.

Apalagi wilayah Tambak Rejo dan sekitarnya (Kaligawe) merupakan wilayah yang paling parah terdampak banjir.

Dirinya berharap layanan kesehatan gratis seperti ini bisa berkelanjutan, dan juga dilakukan di wilayah terdampak lainnya. Agar layanan kesehatan bisa semakin merata.

Ning S