blank
Ilustrasi buah kurma yang cocok disantap saat berbuka puasa. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pada bulan Ramadan, kurma menjadi salah satu buah yang banyak ditemui untuk dikonsumsi saat sahur atau berbuka. Karena selain rasanya yang manis dan legit, buah kurma juga dapat menunjang kesehatan selama menjalanakan ibadah puasa.

Kurma atau dengan nama lain Phoenix dactylifera merupakan tanaman palma yang buahnya dapat dikonsumsi, baik oleh manusia maupun hewan. Pemanfaatan buah kurma sebagai pangan memiliki sejarah panjang dalam kehidupan manusia.

Selain cita rasanya yang manis, manfaat kurma bagi tubuh rupanya cukup beragam. Kurma juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah agar Tubuh Tidak Lemas saat Puasa

Manfaat dari kurma diantaranya bebas dari masalah konstipasi, gangguan pencernaan, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker abdomen, dan kondisi-kondisi lain. Kurma juga sangatlah baik untuk menaikkan berat badan. Kurma kaya akan vitamin, mineral, dan serat.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri kurma yang masih segar dan berkualitas. Sebab, selain rasa, kurma yang masih segar akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.

Dilansir dari laman deliouslydates.com, ada beberapa ciri kurma yang masih segar dan berkualitas. Simak di bawah ini.

Baca Juga: Tiga Kebiasaan Buruk Yang Dapat Memicu Sakit Tenggorokan Saat Berpuasa

1. Perhatikan Warna dan Tekstur

Kurma yang masih segar dan aman dikonsumsi dapat dikenali dengan ciri fisiknya seperti warna dan tekstur. Umumnya, kurma memang miliki warna yang bermacam-macam, ada yang cokelat kehitaman, kuning sampai berwarna cokelat kemerahan.

Kurma segar memiliki warna yang rata sertatidak ditemukan bintik-bitik cokelat di dalamnya. Selain itu, perhatikan juga tekstur buah kurma untuk mengetahui apakah kurma tersebut masih segar atau tidak. Kurma yang sudah tidak layak dikonsumsi umumnya akan memiliki tekstur yang keras.

2. Tes Rasa

Para penjual sering kali akan membolehkan calon pembeli untuk mncicipi rasa buah kurma. Hal ini bisa dilakukan untuk mengetahui kualitas kurma dan memastikan apakah kurma masih layak dikonsumsi atau tidak.

Baca Juga: Lima Tips Terhindari dari Radang Tenggorokan Akibat Mengonsumsi Gorengan Selama Berpuasa

Kurma yang masih segar umumnya memiliki rasa yang manis dan legit. Pastikan untuk memilih kurma yang tidak kering dan tidak berpasir. Selain itu, tekstur kurma yang lembut dan tidak keras bisa menandakan jika buah kurma masih segar dan aman dikonsumsi.

3. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa pada Kemasan

Untuk mengetahui bahwa kurma masih segar dan aman dikonsumsi adalah dengan melihat tanggal kadaluarsa yang tertera di badian kemasan.

Usahakan untuk memilih kurma yang memiliki tanggal kedaluwarsa di atas enam bulan. Karena selain segar, usia penyimpanan kurma dengan tanggal kadaluarsa di atas enam bulan dapat bertahan lama.

Baca Juga: Ini Manfaat Konsumsi Sayuran dan Buah saat Puasa

Namun, jika membeli kurma kiloan, coba tanyakan tanggal kadaluarsa kepada penjual atau dengan mengecek sendiri kelayakan kurma untuk dikonsumsi.

Nah, itu dia 3 tips memilih kurma untuk membedakan masih segar atau tidak. Selain rasanya yang enak dan tetap terjaga, mengonsumsi kurma yang masih segar dan berkualitas juga dapat menunjang kesehatan selama satu bulan berpuasa.

Claudia