Dirut PT Geo Dipa Energi (Persero) Yudistian Yunis saat memberi sambutan dalam kegiatan Safari Ramadan. Foto : SB/Muharno Zarka

 

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-PT Geo Dipa Energi (Persero) membagikan 5.431 paket sembako gratis dan 126 santunan kepada anak yatim di sekitar wilayah kerja perusahaan yang berada di Unit Dieng, Kamis (21/3/2024).

Pemberian paket sembako dan santunan anak yatim ini merupakan kegiatan rutin sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan yang dilakukan dalam rangka Safari Ramadhan 1445 H di tiga Kabupaten, yaitu Banjarnegara, Wonosobo dan Batang.

Kegiatan Safari Ramadhan yang dilakukan di tiga Kabupaten tersebut ditujukan untuk 13 Desa yang berada di wilayah kerja perusahaan, yaitu Desa Karangtengah, Kepakisan, Dieng Kulon, Pekasiran, Bakal di Kabupaten Banjarnegara.

Desa Sikunang, Sembungan, Dieng, Jojogan, Patak Banteng, dan Parikesit di Kabupaten Wonosobo. Serta Desa Pranten dan Gerlang di Kabupaten Batang.

Program ini ditujukan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari, mengingat naiknya harga kebutuhan pokok di bulan ramadan kali ini.

Selain itu, program ini juga sejalan dengan Program Strategis Pemerintah terkait Penganggulangan Kemiskinan Esktrem dan Penanganan Stunting dengan paket sembako yang dibagikan berupa beras 3 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 kg, dan mie instan.

Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero), Yudistian Yunis, mengatakan bahwa pemberian sembako gratis yang sudah menjadi program rutin tahunan di bulan ramadan ini, menjadi bukti kehadiran PT Geo Dipa Energi dalam memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah kerja.

Sambut Baik

Penyerahan bantuan paket sembako gratis dari PT Geo Dipa Energi (Persero) dalam kegiatan Safari Ramadan. Foto : SB/Muharno Zarka

Menurutnya, sebagai perusahaan milik negara, sudah seharusnya PT Geo Dipa Energi menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan di sekitar wilayah kerja.

“Mudah-mudahan program ini kiranya dapat menambah kebahagiaan dalam menjalankan ibadah di bulan ramadan. Kami juga berharap agar masyarakat bisa merasa sebagai anggota keluarga PT Geo Dipa Energi, turut membantu kami agar senantiasa kami dapat beroperasi dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Assisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Wonosobo, Muhammad Riyatno, mengatakan bahwa pihaknya menyambut dengan baik penyelenggaraan program tersebut. Bantuan corporate social responsibility (CSR) tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya.

“Kami menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh PT Geo Dipa Energi. Setidaknya melalui kegiatan ini membantu pemerintah dan meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat,” katanya.

Assisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Banjarnegara, Sila Satriana juga turut memberikan apresiasi terhadap program yang dilakukan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan.

“Melalui kegiatan safari ramadan, PT Geo Dipa Energi telah turut memperhatikan dan peduli terhadap masyarakat di sekitar wilayah kerja perusahaan,” ujarnya.

Satriana juga menyampaikan agar sinergi yang telah terjalin antara masyarakat dengan GeoDipa harus tetap terjaga.

“Kami juga berpesan, agar kita menjadi bagian objek vital negara ini, saling mengamankan, saling bersinergi, untuk menjaga agar lingkungan Dieng tetap nyaman. Dalam menjaga dan merawat lingkungan, tentu menjadi tanggung jawab kita bersama,” tegasnya.

Muharno Zarka