Ketua Kelompok BEM FH, Akarel Satrya Pratama (tengah), melakukan kerja sama dengan Mitra PPK Ormawa di Kelurahan Gemah, yang diterima Lurah Gemah, Bagus Santoso SSTP MM. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Universitas Semarang (USM) menyiapkan sejumlah mahasiswa terbaiknya, untuk ambil bagian dalam Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa), yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah pengurus dari delapan Organisasi Mahasiswa (Orma) USM, untuk mengikuti PPK Ormawa.

Orma USM itu antara lain, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) USM, BEM Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), BEM Fakultas Hukum (FH), UKM Jurnalistik Optimus, dan UKM Bulu Tangkis.

BACA JUGA: Safari Ramadan, PT Geo Dipa Energi (Persero) Bagikan Ribuan Paket Sembako Gratis

”Saya mengapreasiasi mahasiswa yang tergabung dalam Orma di USM, karena memiliki pemikiran untuk mau mengabdi dan terjun langsung di masyarakat, yang dituangkan dalam proposal yang diajukan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi,” kata Dr Muhammad Junaidi.

Menurutnya, ada delapan kelurahan atau desa yang bersedia menjadi mitra untuk menjadi tempat pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Kedelapan kelurahan itu adalah, Kelurahan Gemah, Pedurungan Tengah, Tlogosari Kulon, Kelurahan Muktiharjo Kidul, Desa Bedono (Demak), Desa Sayung (Demak), Desa Banjarsari (Demak), serta Desa Surodadi (Demak).

Ada delapan judul proposal yang diangkat para mahasiswa, di antaranya ‘Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bagi Pelajar untuk Meningkatkan Kualitas Moral dan Pendidikan di Kelurahan Gemah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang’.

BACA JUGA: MAJT dan Konsulat Jenderal Cina Bahas Lanjutan Kerja Sama

Lalu ‘Reboisasi Hutan Mangrove sebagai Upaya Mengantisipasi Banjir di Pesisir Pantai Utara Sayung Desa Banjarsari, Demak’, ‘Pembuatan Saluran Mata Air Gunung Sumbing via Dukuh Seman Basecamp Bimawari, dan Pendampingan Pemahaman Perangkat Kelurahan Gemaн (Dalam Menangani Sengketa Pendaftaran Tanah Berbasis PTSL Baik Sebelum dan Sesudah Terbitnya Sertifikat Tanah)’.

”Saya berharap, delapan proposal Orma USM dapat lolos dan didanai Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, sehingga bisa bermanfaat bagi mitra nantinya,” ungkapnya.

Riyan