blank
Warga dukuh Glonggong Desa Doplang, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, bersama  Anggota Koramil 11/Jati siapkan bibit padi. Rabu, 20 Maret 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Musim hujan kali ini  dimanfaatkan para petani di Kecamatan Jati untuk tanam padi, seperti yang dilakukan Darji warga dukuh Glonggong Desa Doplang, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, didampingi Anggota Koramil 11/Jati melakukan mencabut bibit padi (ndhaut) untuk persiapan tanam di lahan milik Darji. Rabu, (20/3/2024)

Pada kesempatan itu, warga dukuh Glonggong Desa Doplang, Darji merasa senang saat musim tanam padi ini selalu didampingi anggota Koramil Jati.

“Ditemani Pak Babinsa, lebih cepat penanaman padi ini, karena direwangi (dibantu) ndhaut Pak Tentara,” ujar Darji.

Sementara itu, Anggota Koramil 11/Jati Kodim 0721/Blora, Serma Sugiyono mengatakan bahwa, upaya yang  dilakukan ini bertujuan untuk memberikan semangat bagi petani. Di samping itu, juga untuk membantu dan mendorong petani untuk melaksanakan percepatan masa tanam.

“Untuk mendorong percepatan tanam musim ini. Kami terjun langsung ke sawah dengan cara membantu petani melaksanakan daud atau memanen benih padi yang sudah siap tanam,” ucap Serma Sugiyono.

Kegiatan Daud atau Ndaut, lanjut Serma Sugiyono, yaitu mencabut bibit padi dari persemaian yang sudah siap  tanam. Ndhaut ini dikerjakan setelah lahan siap dan umur bibit dirasa cukup.

“Petani terbiasa mempersiapkan bibit padi beberapa saat sebelumnya, sehingga ketika pengerjaan lahan selesai, bisa langsung ndaut untuk segera ditanam,” jelas  Serma Sugiyono.

Kudnadi Saputro