Ilustrasi makanan ala Jepang Gyudon. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sahur merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh orang muslim ketika bulan ramadan. Sahur dilakukan di pagi hari sebelum azan subuh, hal tersebut membuat sebagian orang merasa malas untuk bangun dan memasak.

Sahur memegang peranan penting dalam prosesi ibadah puasa. Karena selain termasuk kedalam sunnah, makan sahur bisa memberikan energi yang cukup kepada kita untuk bisa menjalankan aktivitas harian selama puasa.

Kebanyakan orang ingin makan sahur tanpa harus memasak yang memerlukan proses panjang. Menu praktis dan cepatlah solusinya!

Baca Juga: 5 Minuman yang Harus Dihindari saat Sahur dan Berbuka Puasa

Selain menghemat waktu, menu sahur yang praktis dapat mempermudah kamu dalam mennyajikan makanan. Kamu tidak perlu takut akan imsak yang kian mendekat karena menu sahur yang simpel akan membantu kamu mempersingkat waktu.

Dilansir dari Suara.com, berikut 3 menu sahur ala Jepang yang simpel dan praktis untuk mempermudah kamu.

1. Tamago Kake Gohan

Menu sahur satu ini khusus untuk kamu yang suka telur mentah. Tamago Kake Gohan merupakan salah satu menu sarapan kesukaan orang Jepang. Cara membuatnya juga mudah, tidak sampai 3 menit, loh!

Tamago Kake Gohan dibuat hanya dengan 4 bahan, yaitu nasi, telur, soy sauce, dan furicake. Caranya, siapkan nasi hangat di atas mangkuk. Lalu, tambahkan telur omega di atasnya. Pastikan telur tersebut bebas dari salmonella.

Baca Juga: Senandung Makan Sahur RGS, Sediakan Kuis Berhadiah Sahabat Udara

Setelah itu, tambahkan 2 sendok teh soy sauce dan taburkan furicake di atasnya. Aduk hingga tercampur rata dan hidangan siap disajikan.

2. Gyudon

Gyudon juga merupakan menu makanan Jepang yang simpel. Gyudon hanya membutuhkan 4 bahan saja yaitu bawang bombay, beef slice (daging sapi cincang), mirin, dan soy sauce. Cara memasaknyapun sangat mudah.

Pertama, tuangkan minyak wijen ke dalam wajan. Selanjutnya, masukkan bawang bombay yang sudah diiris dan tumis hingga layu.

Baca Juga:Tips Kuat Puasa Meski Tidak Sahur

Setelah itu, masukkan mirin secukupnya. Tambahkan juga soy sauce agar gyudon terasa lebih gurih. Terakhir, masukkan beef slice lalu aduk hingga bumbunya meresap. Gyudonpun siap disajikan dengan nasi hangat.

3. Curry

Menu makanan Jepang yang terkenal ini ternyata dapat dibuat dengan mudah, loh! Tidak hanya mudah, namun, rasanya juga sangat lezat.

Bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit dijumpai dan pasti ada di dalam kulkas kamu. Kamu hanya membutuhkan 1 buah kentang, wortel, dan bawang bombay.

Potong ketiga bahan tersebut lalu tumis hingga layu. Masukkan air 400 ml dan tunggu hingga mendidih. Selanjutnya, masukkan curry block dan kaldu jamur sesuai selera. Aduk hingga tercampur rata. Sajikan dengan nasi putih hangat.

Itulah 3 menu masakan ala Jepang yang simpel dan cocok untuk kamu yang malas memasak. Selamat mencoba!

Claudia