blank
Bencana hujan angin dilaporkan melanda tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Dampaknya, merusak tiga rumah warga yang terkena pohon tumbang.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bencana hujan angin melanda tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Terdiri atas Kecamatan Pracimantoro, Kecamatan Wuryantoro dan Kecamatan Eromoko. Tidak ada korban jiwa, tapi menyebabkan puluhan pohon tumbang dan merusak setidak-tidaknya tiga rumah penduduk.

Tiga rumah penduduk yang rusak di tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri tersebut, pemicunya karena tertimpa pohon yang tumbang. Kejadiannya berlangsung Kamis petang dan Kamis malam (14/3). Warga menyatakan, awalnya turun hujan lebat yang kemudian disertai angin kencang. Ini membuat warga menjadi panik.

Di Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, dilaporkan bencana hidrometeorologi tersebut, berdampak merusak rumah dapur milik Agus Riyanto (70) di Dusun Sawahan RT 2/RW 8 Desa Sedayu. Pemicu kerusakan, karena tertimpa pohon tumbang.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, Jumat (15/3), menyatakan, telah dilakukan penanganan darurat pada musibah yang menimpa rumah dapur milik Agus Riyanto.

Penanganan darurat dilakukan oleh Petugas Piket Koramil-13/Pracimantoro Sertu Sahid dan Serda Dwi Raharjo beserta Anggota Polsek Pracimantoro. Bersama Relawan Prabu, perangkat desa dan warga, dilakukan upaya menyingkirkan pohon tumbang yang merobohi rumah dapur. Juga menyingkirkan puing-puing reruntuhan rumah dapur.

Musibah pohon tumbang yang menimpa rumah warga, juga dialami oleh Ny Kamijem di Dusun Jambangan RT 01/RW 07, Desa Sumberejo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Berikut juga merusak rumah milik Krisdiyanto di Dusun Demangan RT 02/RW 04, Desa Ngunggahan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri.

Menyikapi hal tersebut, petugas piket Koramil dan Polsek di Kecamatan Wuryantoro dan Eromoko, telah berupaya mendatangi lokasi, untuk memimpin penanganan darurat. Itu dilakukan bersama perangkat desa, relawan siaga bencana tingkat desa dan warga masyarakat serta dikoordinasikan dengan Pemerintah Kecamatan.
Bambang Pur