blank
Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Koyim Maturrohman bersama Satsamapta dan Polsek Petanahan mengamankan sejumlah pemuda yang hendak menggelar balap liar, Rabu (13/3) malam.(Foto:SB/Humas Polres Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Jajaran Polres Kebumen telah mensinyalir sering ada arena balap liar, sepanjang jalan tambak budi daya udang berbasis kawasan (BUBK) Petanahan.

Atas dasar hal tersebut Petugas Gabungan Polres Kebumen melakukan patroli gabunganpada  Rabu (13/3). Sasarannya di kawasan Pantai Tegalretno, Kecamatan Petanahan,

Kapolres Kebumen AKBP A Recky Robertho melalui Kasi Humas Polres AKP Heru Sanyoto menyatakan, kegiatan patroli gabungan juga berdasarkan laporan masyarakat yang resah melihat jalan kawasan BUBK sering menjadi arena balap liar.

“Dari laporan yang masuk, lalu kita melakukan patroli di sepanjang jalan kawasan BUBK, atau di sepanjang pantai di Desa Tegalretno Petanahan. Alhasil banyak pemuda yang kita amankan, dengan indikasi mereka akan melakukan balap liar,”jelas AKP Heru, Kamis (14/3).

Kegiatan patroli gabungan melibatkan Satlantas Polres Kebumen, Satsamapta Polres Kebumen, dan Polsek Petanahan.

Patroli dipimpin Kasat Lantas Polres AKP Koyim Maturrohman didampingi Plt Kapolsek Petanahan IPTU Purwito, menjelang waktu berbuka Puasa atau saat sebagian masyarakat sedang ngabuburit.

Kegiatan diawali dengan melakukan penyisiran sepanjang jalan lingkar selatan-selatan (JLSS), lalu dilanjutkan patroli di sepanjang jalan dekat BUBK. Benar saja dari kegiatan itu Polres Kebumen mengamankan 25 unit kendaraan bermotor, 1 unit  mobil.

blank
Petugas gabungan Polres Kebumen mengamankan 25 motor dan 1 mobil di kawasan pantai selatan, Rabu (13/3).(Foto:SB/Humas Polres Kbm)

“Kami amankan sejumlah pemuda dengan indikasi akan melakukan balap liar. Terhadap kendaraan bermotor juga dilakukan penilangan karena tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan. Selanjutnya untuk para pemuda, kita berikan pembinaan,”jelas AKP Koyim.

AKP Koyim menambahkan, kegiatan patroli yang dilakukan akan dilakukan secara berkala. Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mematuhi Undang-Undang Lalu-lintas agar tercipta keamanan keselamatan ketertiban kelancaran berlalu-lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah Kebumen.

Menurut Kasat Lantas balap liar termasuk melanggar Undang-Undang Lalu-lintas dan juga membahayakan diri sendiri serta pengguna jalan lain.

Apalagi saat ini kepolisian secara serentak masih menggelar Operasi Keselamatan 2024. Aksi balap liar diharapkan dapat ditekan melalui operasi itu.

“Tindakan balap liar dinilai membahayakan, sehingga harus dilakukan penindakan kepada para pelanggar. Tidak sedikit aksi balap liar berujung maut ketika terjadi kecelakaan saat balapan di jalan umum,”tegas Kasat Lantas.

Aksi balap liar juga dapat mengganggu khusyuknya ibadah Puasa bagi umat muslim yang menjalankan. Sebaiknya umat Islam di bulan Ramadan memperbanyak membaca Alquran atau sedekah kepada masyarakat yang membutuhkan.

Komper Wardopo