blank
Ilustrasi ngopi bareng di stasiun. Foto: Dok/KAI (1/3/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggelar Ngopi Bareng KAI 2024 di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng yang dilaksanakan selama 2 hari, yakni pada Jumat dan Sabtu (1-2 Maret 2024).

Dalam kegiatan ini, KAI membagikan kopi secara gratis kepada para pelanggan KA dengan syarat cukup menunjukkan aplikasi Access by KAI yang telah terinstal pada ponselnya, atau pelanggan memperlihatkan tiket yang masih aktif kepada petugas di area kegiatan. “Selama 2 hari KAI akan membagikan sebanyak 2.750 cup kopi nusantara secara gratis yang diracik langsung oleh barista-barista handal asli Indonesia,” ungkap Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, Jumat (1/3/2024).

Program ngopi bareng ini akan dilaksanakan mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB yang bertempat di selasar luar sebelah barat Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

“KAI berharap melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan KA, sekaligus mensosialisasikan budaya ngopi di kalangan masyarakat Indonesia. Sehingga dengan peningkatan konsumsi kopi tersebut, bisa meningkatkan kesejahteraan petani kopi Indonesia,” jelas Franoto.

Selain ngopi bareng, KAI juga membuka booth selama event berlangsung. Dalam booth KAI tersebut, masyarakat dapat membeli langsung tiket KA untuk keberangkatan mulai tanggal 1 Maret 2024 hingga 45 hari kedepan yakni sampai dengan tanggal 15 April 2024 dengan diskon sebanyak 20 persen.

“Melalui program promo tersebut, KAI berharap dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi pelanggan KA, khususnya pada momen mudik lebaran 2024. Karena dalam promo ini, masyarakat dapat membeli tiket untuk arus mudik maupun arus balik lebaran 2024,” tambahnya.

Franoto menyampaikan, bahwa sampai hari ini Jumat (1/3) pembelian tiket KA keberangkatan dari Daop 4 Semarang untuk arus mudik maupun arus balik lebaran mulai tanggal 31 Maret 2024 (H-10 lebaran) sampai dengan 15 April 2024 (H+4 lebaran) masih banyak tersedia. Tercatat okupansi keterisian tempat duduk masih berkisar 14% dibanding jumlah tempat duduk yang disediakan sejumlah 17 ribu lebih tempat duduk per harinya.

“Untuk pembelian H+4 lebaran atau Senin 15 April 2024 dapat dilakukan pemesanan pada Jumat 1 Maret 2024 melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya,” kata Franoto.

Diprediksi untuk momen angkutan lebaran 2024, untuk kedatangan penumpang tertinggi pada arus mudik akan terjadi pada Senin 8 April 2024 (H-2 lebaran) dengan prediksi lebih dari 20 ribu penumpang kereta api dari berbagai daerah akan tiba di stasiun wilayah Daop 4 Semarang.

Sedangkan untuk keberangkatan penumpang tertinggi pada arus balik lebaran diprediksi terjadi pada pada Minggu 14 April 2024 (H+3 lebaran) dengan sebanyak lebih dari 20 ribu penumpang yang naik menggunakan KA dari wilayah Daop 4 Semarang.

“KAI mengingatkan kepada masyarakat agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan tiket KA. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin, termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya,” pungkasnya.

Ning S