ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Memasak merupakan suatu kegiatan menangani bahan makanan dari mentah hingga menjadi bahan makanan yang siap saji yang dalam prosesnya terjadi penerapan suhu yang bertujuan untuk membuat makanan lebih mudah untuk dicerna ditubuh kita.

Selain dapat belajar berbagai resep dan mendapatkan kebahagiaan, memasak juga bisa membantu seseorang menjadi lebih percaya diri. Saat menentukan seberapa banyak bumbu yang dimasukkan, tentu akan membantumu belajar untuk menjadi percaya diri. Kepercayaan diri diperlukan agar masakan yang dibuat menjadi lebih nikmat.

Buat kamu yang sering mengalami kantong kering gara-gara tiap hari jajan terus, kenapa tidak mencoba untuk mulai masak sendiri? Memasak itu salah satu hobi yang menyenangkan loh, guys. Dilansir dari Suara.com, selain bisa membuat hidangan sesuai selera, kita juga bisa sambil belajar dalam mengolah makanan.

Baca Juga: Lima Tips Efektif Mengatasi Sakit Pinggang Akibat Terlalu Lama Duduk

Jika kalian mau belajar masak, dilansir dari laman Hello Fresh, berikut tips cara membuat kegiatan memasak kamu jadi makin menyenangkan dan lebih seru:

1. Buat Tema Makanan

Aku sering sih bikin tema buat makanan yang aku buat, misalnya hari ini aku mau temanya serba sayur, jadi di sini aku tidak memakai bahan hewani sama sekali. Bikin tema-tema gini enaknya kalau pas kalian enggak repot atau weekend aja.

2. Coba Menu Ala Luar Negeri

Biar enggak bosen makan itu-itu aja, coba bikin menu masakan luar negeri. Sekarang tidak perlu khawatir, sebab sudah banyak resep makanan luar negeri yang versi sederhana dan memakai bahan yang mudah dicari.

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele! Ini 4 Tips Mudah dan Tepat Atasi Kesusupan

3. Masak Sambil Bersantai

Satu hal yang bikin orang malas masak adalah menunggu masakannya matang, setuju tidak? Nah, sebenarnya kalian bisa mengakali hal ini, dengan memasak sambil ngeteh, ngopi, dengerin musik, main game, dan lain-lain. Jadi, kalian tak harus nungguin di depan kompor terus.

4. Masak Bareng-Bareng

Biasanya cewek-cewek nih, kalau ngumpul sukanya jajan banyak. Biar lebih seru, kenapa enggak coba masak sendiri aja makanannya? Selain dapatnya lebih banyak, rasa sama variannya bisa sesuai sama selera sendiri.

5. Eksperimen

Menurutku bagian paling menyenangkan pas makan adalah bereksperimen, misalnya kamu bosan sama dimsum yang variannya itu-itu aja. Nah, kamu bisa mengotak-atik resep dimsum itu jadi versimu sendiri, misal dikasih sayur yang banyak, pakai isian cabai, atau makan dimsum pakai saus sate. Pokoknya sesuai sama feeling kamu aja.

Baca Juga: Selain Memakai Sunscreen, Ini Tiga Tips Efektif Mengatasi Kulit Belang

6. Jadikan Dapur Sebagai ‘Happy Place’ Kamu

Biar masak lebih seru, mungkin bisa ditata biar rapi, dibelikan hiasan, atau kasih wewangian biar kamu lebih enjoy pas masak.

7. Tak Perlu Sempurna

Kamu enggak akan mulai masak kalau masih takut salah, takut rasanya enggak enak, takut gosong, dan lain-lain. Coba dulu aja, masak buat diri sendiri enggak harus sempurna kok, yang penting kita happy.

Nah, itu tadi beberapa cara bikin kegiatan memasak kamu lebih menyenangkan. Gimana, daripada jajan di luar mending coba masak sendiri aja, kan?

Claudia