ilustrasi seseorang mengalimi kesusupan pada jari telunjuknya. Foto: freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kesusupan atau splinter merupakan serpihan benda asing yang tertanam dan mengganjal di dalam kulit. Serpihan ini bisa berupa kayu, pecahan kaca, atau benda yang terbuat dari plastik. Objek ini biasanya dapat dikeluarkan atau keluar dengan sendirinya tanpa perlu bantuan medis.

Kesusupan, atau sering orang sebut dengan kesusuban, adalah kondisi ketika benda kecil masuk dan terjebak di kulit. Benda kecil yang masuk ini biasanya berupa serpihan kayu. Meski begitu, potongan kaca, logam, dan plastik juga bisa berukuran sangat kecil hingga menyebabkan kesusupan.

Dilansir dari Suara.com, sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami kesusupan di bagian tubuh seperti telapak tangan dan kaki. Kesusupan biasanya disebabkan benda serpihan kecil seperti duri atau serpihan kayu. Keadaan ini menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman yang biasanya tidak terlalu diperhatikan karena dianggap akan sembuh sendiri.

Namun, jangan dianggap sepele keadaan ini karena dapat membahayakan kesehatan seperti munculnya infeksi. Nah, berikut ini cara mudah dan tepat atasi kesusupan yang telah dirangkum dari laman Klikdokter.

1. Bersihkan bagian tubuh yang kesusupan

Jika kita mengalami kesusupan maka sebaiknya segera cuci area tersebut dengan air mengalir. Pastikan luka tersebut bersih untuk mencegah terjadinya infeksi yang lebih parah.

Selain itu, jangan lupa untuk keringkan bagian yang kesusupan dengan kain atau handuk bersih setelah dibersihkan sebelum melakukan penanganan lebih lanjut.

2. Keluarkan benda susupan dengan alat steril

Setelah dibersihkan, maka saatnya kita melihat bagian secara cermat agar nantinya mudah mengambil benda yang menjadi susupan. Benda seperti serpihan kayu ataupun duri biasanya sangat kecil sehingga harus diperhatikan saksama.

Kemudian kita bisa menggunakan pinset biasa atau pinset splinter khusus untuk mengeluarkan benda tersebut. Jangan lupa bersihkan pinset dengan alkohol terlebih dahulu agar tetap steril, sehingga mencegah infeksi.

3. Pakai pinset dan jarum

Benda penyebab susupan tak jarang berupa serpihan kecil yang sulit dikeluarkan dengan pinset saja. Nah, jika demikian kita bisa menggunakan bantuan jarum terlebih dahulu. Sama saat menggunakan pinset, jarum disterilkan terlebih dahulu menggunakan alkohol.

Kemudian kita bisa menusuk bagian susupan secara perlahan agar muncul ke permukaan. Setelah itu barulah gunakan pinset untuk mengambil serpihan tersebut.

4. Bersihkan kembali area kesusupan

Setelah serpihan bisa dikeluarkan kita bisa membersikan kembali area kesusupan dengan air mengalir dan sabun. Barulah luka dikeringkan dan bisa dioles dengan petroleum jelly agar mudah sembuh. Jika luka terlalu lebar bisa diperban hingga luka sembuh agar tidak terinfeksi.

Demikian tips mudah untuk atasi kesusupan yang bisa dilakukan sendiri. Alangkah lebih baiknya jika kita mengalami kesusupan ini segera keluarkan dari bagian tubuh. Hal ini karena luka susupan akan membuat bakteri dan kuman lebih mudah masuk ke tubuh dan bisa saja menimbulkan infeksi yang lebih parah dan berbahaya.

Claudia