blank
Dua orang karateka saat berlaga di event Kejuaraan USM Karate Championship Piala Rektor USM Ke-1 National Open and Festival Category, yang digelar di Gelora Prof Sudarto SH USM, Sabtu (24/2/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kejuaraan USM Karate Championship Piala Rektor USM Ke-1 National Open and Festival Category, yang diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate Universitas Semarang (USM), resmi digelar di Gelora Prof Sudarto SH USM, Sabtu (24/2/2024).

Kegiatan ini dibuka Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH, bersama Sekretaris Umum Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Jawa Tengah, Sumartono MPd dan Ketua Umum Forki Kota Semarang, Tegoeh Tri Adijanto MM.

”Kami dari USM menyampaikan apresiasi untuk semua pihak yang mendukung acara ini. Event ini juga menjadi salah satu momentum kita, untuk meningkatkan prestasi dalam bidang olahraga. Karena kita tahu, pengembangan atlet yang paling maksimal itu di perguruan tinggi, dan USM telah menjalankannya,” ucap Junaidi.

BACA JUGA: Alfest 3.0 Tampung Bakat dan Minat Siswa

blank
Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH (kedua dari kanan), secara bersama-sama membuka secara resmi event USM Karate Championship Piala Rektor USM Ke-1 National Open and Festival Category. Foto: dok/usm

Adapun berbagai macam hadiah yang akan didapatkan para pemenang dalam kejuaraan itu, salah satunya beasiswa kuliah di USM. Beasiswa itu berupa uang pembinaan untuk biaya kuliah.

”Atlet juga harus menjaga rutinitasnya sebagai atlet. Kemampuan dan akademiknya akan kita pantau terus, setiap semester juga kita pandu. Karena kita bukan hanya kampus yang menerima atlet, tetapi juga membina atlet, agar menjadi atlet yang maju dan berkembang,” ungkapnya.

Sementara itu, Sumartono berharap, kejuaraan ini dapat terus berlanjut setiap tahun, mengingat USM telah memiliki fasilitas yang memadai. Dalam kejuaraan ini juga diharapkan akan muncul atlet-atlet baru.

BACA JUGA: UCAC USM Gelar Pembekalan dan Sosialisasi Pedoman Wisuda Ke-67

”Kami melihat fasilitas yang ada sudah cukup bagus. Untuk SDM sekarang mungkin masih dalam tahap belajar. Kami juga sudah berikan beberapa wawasan, penjelasan dan arahan, dan semoga tahun depan akan lebih bagus,” terang dia.

Pada keempatan yang sama, Tegoeh Tri Adijanto juga memberikan apresiasinya pada event yang digelar ini. Dia berharap, kejuaraan karate ini dapat diselenggarakan setiap tahun, serta dapat melahirkan bibit-bibit atlet yang berkualitas.

”Saya memberikan apresiasi kepada USM, karena kegiatan ini sudah lama sekali direncanakan, dan baru sekarang terealisasi. Tadi juga disampaikan Wakil Rektor, kalau bisa satu tahun dua kali diselenggarakan. Ini akan luar biasa jika bisa terealisasikan, jadi semacam berkesinambungan terus dalam satu tahun,” tandas Tegoeh.

Riyan