blank
BEM FH USM menggelar LDK 2024, di Lapangan Tembak, Kodam IV/Diponegoro. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Semarang (USM), menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) 2024, dengan tema ‘Membentuk Jiwa Pemimpin Berintelektual sebagai Organisatoris yang Responsif, Berkualitas, dan Berbudi Luhur’, pada Sabtu-Senin (17-19/2/2024).

Kegiatan itu dilakukan di Lapangan Tembak Kodam IV/Diponegoro, Semarang. Acara LDK itu diikuti 31 peserta, yang merupakan pengurus dan anggota BEM FH USM.

Ketua Panitia, Zirji Zaidan mengatakan, tujuan dari kegiatan ini menjadikan mahasiswa sebagai organisatoris yang dapat memanajemen organisasi, dengan pembentukan karakter yang berani dan unggul. Sehingga dengan LDK, dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang memiliki moral dan etika.

BACA JUGA: Digelar Apel 1.300 Relawan untuk Penanganan Akibat Banjir

Gubernur BEM FH USM, Aziyzah Qurrotu A’yun Sultonu Mas’ad menambahkan, LDK memiliki peran yang sangat penting. Ini juga sebagai langkah awal dalam membentuk jiwa pemimpin yang tangguh, profesional, berintelektual, berkualitas, responsif dan berbudi luhur.

”Segala pemikiran sikap dan integritas harus dimiliki, untuk mencapai tujuan dalam berorganisasi,” kata Aziyzah.

Sementara itu, Wakil Dekan FH USM, Dhian Indah Astanti SH MH berharap, kegiatan LDK dapat menjadi orientasi, khususnya bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya di dalam menerapkan dasar-dasar kepemimpinan.

BACA JUGA: KONI Jateng Audit Keuangan 57 Pengprov Cabor

Selain itu juga, mahasiswa harus mampu bersikap yang kritis, dan mampu menyelesaikan suatu masalah atau problem solving, terkait isu-isu yang muncul.

Pada hari pertama LDK, para peserta melaksanakan screening tugas, kemudian dilanjutkan pemaparan materi Manajemen Organisasi oleh Ridzky Wahyu Nugroho. Beberapa narasumber lain yang hadir yakni, Mutiara Apriliyani, Dosen FH USM Muhammad Iftar Aryaputrra SH MH.

Pemateri yang lain, Dr Tri Mulyani SPd SH MH, M Khusnul Mubaroq SH serta Mufti Maghfur Riyadi SH. Pada sesi terakhir, peserta mengikuti outbound.

Riyan