blank
Wakil Sekjen PWI Pusat, Raja Pane, membuka Rakernas Siwo PWI 2024, di Hotel Putri Duyung, Ancol, Jakarta, Sabtu (17/2/2024). Foto: spr

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI 2024 kali ini, merumuskan sekaligus mematangkan pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XVIII/2024 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang dijadwalkan digelar Agustus mendatang.

Pada pelaksanaan Porwanas di Kalsel itu, PWI Pusat meminta agar tidak terjadi lagi adanya laporan atau kejadian keributan di antara atlet peserta Porwanas. Kondisi itu dikhawatirkan akan berakibat merusak citra dan marwah dari Porwanas itu sendiri.

Demikian disampaikan Wakil Sekretaris PWI Pusat, Raja Parlindungan Pane, ketika membuka Rakernas Siwo PWI 2024, yang digelar di Candi Bentar 6 Putri Duyung, Ancol, Jakarta, Sabtu (17/2/2024).

BACA JUGA: Digelar Doa Lintas Agama dan Ruwatan Ageng Karimunjawa Lestari

Menurut dia, dalam Porwanas perlu adanya pemerataan perolehan medali. Materi inilah yang menjadi salah satu poin yang harus dibahas, pada pelaksanaan Rakernas Siwo kali ini. Apalagi Porwanas sifatnya hanya sebagai ajang silaturahmi, dan pemerataan medali dianggap sebagai ungkapan rasa persaudaraan.

”Ini tidak berarti medali Porwanas dibagi-bagi, dengan bahasa halusnya main sabun atau main mata antarlawan. Namun demikian, perlu dimunculkan bagaimana caranya peserta Porwanas bisa mendapatkan medali semua,” harap Raja Pane.

Sementara itu, Ketua Siwo Pusat, Agus Susanto dalam sambutannya mengajak seluruh peserta Rakernas, untuk dapat mengikuti seluruh kegiatan Rakernas.

BACA JUGA: Anies Kebumen Tegaskan Pemilu Jujur Pasti Dua Putaran

blank
Ketua Siwo PWI Jateng, Erwin Ardian hadir bersama wakil ketua dan sekretarisnya. Foto: spr

Disampaikan dia, Rakernas yang dihadiri seluruh pengurus Siwo PWI se-Indonesia itu, membahas hal-hal penting, terkait dengan pelaksanaan Porwanas, serta membahas program kerja Siwo Pusat tahun 2024.

Pada kesempatan itu juga, disampaikan paparan dari tuan rumah Porwanas Kalsel 2024, oleh Santoso, staf ahli bidang pemerintahan Pemprov Kalsel. Dia menyebut, pihaknya sudah menyiapkan dana sebesar Rp 10 miliar, untuk gelaran Porwanas kali ini.

Pihaknya juga sudah memperkirakan, jumlah peserta Porwanas estimasinya mencapai 4.000 orang. ”Dan guna menampung peserta Porwanas dari seluruh Indonesia ini, sudah kami siapkan hotel yang mampu menampung 4.000 orang lebih,” ujarnya.

BACA JUGA: Kemenkumham Jateng Gelar Pembinaan FMD Melalui Fun Game

Untuk upacara pembukaan Porwanas 2024, direncanakan dilakukan di GOR Paman Birin, yang saat ini dalam proses penyelesaian.

Rakernas Siwo PWI ini berlangsung hingga Senin (19/2/2024), dan digelar dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2024, yang dipusatkan di Jakarta.

Sigit PR