blank
Relawan Aliansi Indonesia Sejahtera (Anies) Kebumen berkumpul mendukung pasangan capres-cawapres Anies R Baswedan-Muhaimin Iskandar.(Foto:SB/Humas Anies Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Ketua Aliansi Indonesia Sejahtera (Anies) Kebumen selaku relawan pendukung pasangan Anies R Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Dra Sri Winarti MH menyatakan , sepanjang Pemilu 2024 berlangsung jujur maka akan berlangsung dua putaran.

Sri Winarti MH yang didampingi Pembina Anies Kebumen Farid Ma’ruf Minggu (17/2) menegaskan, bila Pemilu masih ada kejujuran dan sedikit kecurangan, maka pasti pilpres akan berjalan ketat dan berlangsung dua putaran karena ada tiga pasang calon.

Menurut pandangan Winarti, hiruk pikuk kampanye di lapangan sama sekali tidak nampak jomplang. Bahkan keramaian jumlah peserta kampanye di banyak tempat relatif lebih banyak AMIN (Paslon 1) dibanding paslon yang lain.

Bahkan perbedaan yang jelas pada kampanye akbar terakhir di JIS dan di Gelora Bung Karno yang berlangsung di hari yang sama, 10/2. Jumlah peserta di JIS bisa dua kali lipat dengan yang di Gelora Bung Karno (GBK).“Maka dengan ini kami dari Anies Kebumen menyatakan Deklarasi 2 Putaran Pilpres,”tegas Winarti.

Pihaknya berharap bahwa acuan rekapitulasi suara adalah dari KPU, bukan dari timses maupun dari lembaga survai. Sebab hanya KPU sebagai penyelenggara pemilu yang berhak mengumumkan secara resmi hasil Pilres.

Sementara itu Dewan Pembina Anies Kebumen Farid Ma’rufmenyatakan, proses Pemilu harus mengutamakan azas jujur dan adil serta langsung, umum, bebas rahasia. Jangan sampai ada tekanan dan intimidasai dari mana pun.

Pihaknya berharap penyelenggara Pemilu 2024 mampu bersikap netral dan menjalankan amanah undang-undang dengan  sejujur-jujurnya nya dan seadil-adilnya.

Winarti dan Farid juga  berharap Bawaslu sebagai pengawas Pemilu 2024 mampu bekerja profesional, jujur, tegas  danmengawasi semua tahapan pemilu secara tegas. Pihaknya meminta agar dugaan kecurangan dan semua laporan serta temuan di lapangan segera ditindaklanjuti.

Komper Wardopo