Proses pemungutan suara Pemilu 2024 di TPS Lapas Semarang. Foto: Ning S/SUARABARU.ID

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Semarang melaksanakan pemungutan suara untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP) dalam gelaran pesta demokrasi Pemilu 2024.

Dalam Pemilu 2024 ini Lapas Semarang menyiapkan 6 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menampung sebanyak 1.510 warga binaan untuk memberikan hak suara dalam Pemilu yang berlangsung di Aula Kunjungan Lapas setempat.

BACA JUGA: Sukseskan Pemilu 2024, Lapas Semarang Siapkan 6 TPS untuk Warga Binaan

Kalapas Semarang, Usman Madjid menyebut, ada beberapa warga binaan Lapas Semarang yang tidak bisa mengikuti pencoblosan atau menggunakan hak pilihnya. Mereka merupakan warga negara asing (WNA), dan tidak memiliki NIK.

Suasana pemungutan suara di TPS Lapas Semarang. Foto: Ning S/SUARABARU.ID

“Dalam proses pencoblosan ini, para warga binaan secara bergiliran mendatangi TPS sesuai urutan nama dan bloknya masing-masing, yang dipandu oleh petugas,” ungkap Usman kepada SUARABARU.ID di lokasi TPS, Rabu (14/2/2024).

BACA JUGA: Gelar Peringatan Isra Mi’raj, Kalapas Usman Madjid Sebut Lapas Semarang Haus Ilmu Agama

Sementara itu, untuk petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sendiri merupakan petugas dari Lapas setempat dan ditambah bantuan Linmas dari Kelurahan Wates.

Untuk menjamin agar Pemilu berjalan jujur dan adil (Jurdil) Usman mengatakan, bahwa dalam prosesnya semua diawasi dengan ketat, baik dari petugas eksternal maupun dari internal Lapas. “Ada pengawas dari luar, termasuk dari Bawaslu Kota Semarang,” tegasnya.

BACA JUGA: Sidang Kedua Berlangsung Singkat, Daniel akan Bacakan Sanggahan 20 Februari 2024

Sebelumnya, Lapas Semarang telah melakukan sosialisasi kepada seluruh warga binaan untuk mengenalkan para calon yang bakal dipilih sesuai pilihannya.

“Para warga binaan kita kumpulkan di lapangan untuk diberi arahan tata cara dalam pencoblosan, serta diperkenalkan para calon yang akan dipilih sesuai pilihannya,” tandas Usman.

Ning S