Datang di TPS 16 Lingkungan Ngampel, Ploso, Pacitan, Presiden RI Ke-6 SBY menyampaikan salam hormat kepada warga pemilih, dengan menangkupkan kedua telapak tangannya.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudoyono (SBY), Rabu (14/2), menggunakan hak pilihnya dengan nyoblos di kampung asalnya. Yakni di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 16 di Lingkungan Ngampel, Kelurahan Ploso, Kecamatan dan Kabupaten Pacitan, Jatim.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, Presiden Ke-6 RI SBY datang ke TPS 16 bersama putra bungsu Edhie Baskoro Yudhoyono sekaligus istrinya Siti Ruby Aliya Rajasa. Juga hadir untuk sekaligusmemberikan penyambutan, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dan istri Ny Efi Suraningsih.

SBY dan rombongan tiba di TPS 16 Kelurahan Ploso sekitar Pukul 09.30, dan langsung mendaftar ke petugas KPPS untuk kepentingan menggunakan hak suaranya dengan mencoblos di TPS tersebut. Usai menyalurkan hak pilihnya, SBY menyampaikan alasan mengapa memilih mencoblos di kampung halamannya.

Menurutnya, Kelurahan Ploso, adalah tempat tinggal semasa remaja. Ditambah lagi, saat ini telah dibangun Museum dan Galeri SBY-Ani.

Dua Periode

“Selama ini saya mondar-mandir Jakarta-Pacitan, maka saya niati untuk Pemilu ini, saya mencoblos di kampung halaman di Pacitan ini,” kata SBY.

Presiden RI Ke-6 SBY,  berharap semua rangkaian tahapan pelaksanaan Pemilu 2024, dpat berjalan lancar, aman dan damai. Termasuk untuk tahapan pemungutan suara dari pemilih, sampai penghitungan hasil suara.

Sebagaimana diketahui SBY adalah putra aseli Pacitan, Jatim. Lahir di Pacitan Tanggal 9 September 1949. Pensiunan Jenderal TNI bintang empat ini, pensiun dari dinas tentara Tanggal 25 September 2000.

Dia merupakan Presiden RI pertama di era reformasi. Juga menjadi Presiden pertama di Tanah Air yang terpilih melalui Pemilu Presiden (Pilpres) secara langsung. Yang kemudian menjabat sebagai Presiden RI selama dua periode, yakni sejak 20 Oktober 2004 sampai dengan 20 Oktober 2014.
Bambang Pur