blank
Penyerahan logistik dilakukan di TPS Loksus Lapas Semarang. Foto: Dok/Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk warga binaan pemasyarakatan.

Sebanyak 6 TPS disiapkan untuk menampung ribuan pemilih yang merupakan warga binaan Lapas Semarang. TPS tersebut merupakan kategori TPS lokasi khusus (loksus) yang akan dilaksanakan di Aula Kunjungan Lapas.

Kepala Seksi Registrasi, Ahmad Syaifuddin mengatakan, pihaknya telah menyampaikan undangan pemilu kepada seluruh warga binaan.

“Kami telah menyampaikan undangan pemilu resmi dari KPU kepada warga binaan. “Ada 1.000 orang lebih WBP yang terdaftar sebagai pemilih.” ungkap Ahmad, Selasa (13/2/3024).

Sementara untuk petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sendiri merupakan dari petugas Lapas. “Ada sekitar 36 petugas ditambah bantuan Linmas dari Kelurahan Wates, ” ujarnya.

Ia menyebut, Lapas Semarang telah menerima perlengkapan berisi kotak suara, bilik suara dan kantong plastik. Dalam proses penerimaan melibatkan Pengawas TPS Loksus, Panwas Kelurahan Wates, Linmas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Ngaliyan.

Kepala Lapas Semarang, Usman Madjid mengatakan, Lapas Semarang akan berupaya untuk memenuhi hak WBP pada pemilu kali ini.

Karena, tambah Usman, warga binaan juga memiliki hak yang sama dengan orang di luar, termasuk dalam pesta demokrasi ini.

“Warga binaan mempunyai hak untuk melaksanakan pemilu. Lapas Semarang menyelenggarakan pemilu dengan penuh tanggungjawab berdasarkan asas-asas yang berlaku.” tandasnya.

Ning S